Cara Bayar Pajak Kendaraan Tahunan di Samsat Drive Thru

Kompas.com - 26/10/2020, 09:12 WIB
sejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Solo ari purnomosejumlah warga melakukan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Solo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta, terus berinovasi memudahkan masyarakat membayar pajak, termasuk pajak kendaaraan bermotor.

Wajib pajak kini bisa melakukan pembayaran pajak tahunan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat) drive thru.

Baca juga: PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang, Dishub Minta Warga Tunda Mudik

Sesuai namanya, dalam melakukan pembayaran di Samsat drive thru ini pemilik kendaraan tidak perlu turun dari kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Tetapi bagi yang ingin mencobanya harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pembayaran bisa dilakukan.

Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.ANTARA FOTO/SENO Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

Humas Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu mengatakan, untuk melakukan pembayaran pajak di Samsat drive thru ini wajib pajak harus menyiapkan sejumlah dokumen wajib.

“Persyaratan yang harus dipenuhi seperti KTP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi serta membawa Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB) asli dan fotokopi,” kata Herlina kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu wajib pajak juga membawa kendaraan yang akan didaftarkan perpanjangannya. Wajib pajak juga tidak boleh mempunyai tunggakan pajak lebih dari satu tahun.

Herlina mengatakan, jika semua persyaratan sudah lengkap pembayaran pajak kendaraan di Samsat drive thru hanya butuh waktu 6 menit

Cara membayar di Samsat drive thru sebagai berikut:

1. Wajib pajak menyerahkan persyaratan ke loket pendaftaran pertama sebagai proses identifikasi dan verifikasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X