Begini Cara Mudah Memastikan Keaslian BPKB

Kompas.com - 22/10/2020, 15:41 WIB
Pajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama. Dok. SamsatPajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang patut diperhatikan saat membeli kendaraan bekas ialah kelengkapan dan keaslian dokumen, khususnya pada Buku Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB).

Sebab, BPKB berfungsi sebagai dokumen pemberi legitimasi kepemilikan atas kendaraan bermotor tersebut. Jika palsu, maka potensi timbulnya hal yang tak diinginkan seperti mengenai pajak dan hak kepemilikan kendaraan terbuka lebar.

Mengingat, hingga saat ini kasus penipuan dokumen terutama untuk kelengkapan kendaraan mash kerap ditemui. Lantas bagaimana cara mudah mengetahui apakah BPKB dimaksud asli atau palsu?

Baca juga: Syarat dan Prosedur Perpanjangan Pajak STNK Tahunan

Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)KOMPAS.com/ Ryana Aryadita Kolong tol Becakayu dijadikan tempat berjualan mobil bekas, Jakarta Timur, Senin (11/2/2019)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan, setidaknya ada 5 poin untuk membedakan BPKB asli dengan palsu mulai dari bahan cover, nomor seri berhologram, sampai logo pengesahan dari Korlantas Polri.

"Jelas ada perbedaan untuk yang asli atau yang palsu. Informasi tersebut dilihat dari tampilan luar, warna, lambang, dan nomor seri pada BPKB," kata Argo saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Berikut rincian perbedaan BPKB asli dengan palsu;

Asli

1. Bahan cover lebih gelap.

2. Hologram di halaman paling depan berwarna abu-abu dan tidak berubah jika diterawang.

3. Identitas pemilik BPKB tidak terlihat mencurigakan, seperti ada bekas cetakan ulang/dihapus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X