Kompas.com - 22/10/2020, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian truk hilang kendali biasa kita temui di jalan raya. Tentu saja hilang kendalinya truk ini bisa membahayakan, misalnya terguling ke satu sisi ataupun menabrak kendaraan lain.

Jika kendaraan kecil yang hilang kendali, biasanya mengalami over steer atau under steer terlebih dahulu. Lalu bagaimana kejadian kehilangan kendali pada truk yang besar?

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, sebagaimana benda yang bergerak, selalu memiliki momentum atau kecepatan massa.

Baca juga: Ingat, Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

 

“Ketika kecepatan massa tidak bisa diakomodir oleh ban, maka bisa terjadi over steer atau under steer. Di samping itu, truk memiliki gaya yang lain yang bisa menyebabkan terbalik saat kehilangan kendali,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Rabu (22/10/2020).

Truk yang terbalik disebabkan pusat beratnya yang tinggi. Jusri mengatakan, berdasarkan teori fisika, semakin tinggi pusat berat, makan semakin labil kendaraan tersebut. Misalnya kalau sedan kehilangan kendali, paling akan over steer, namun truk langsung terbalik.

Baca juga: Harga Suzuki Shogun FI NR NOS Masih Relatif Terjangkau

“Truk tidak perlu kecepatan yang tinggi untuk mengalami out of control, paling 30-40 kpj saja sudah bisa bikin terbalik,” kata Jusri.

Jusri menambahkan, kalau di kendaraan biasa, bisa miring sampai 30 derajat, tetapi truk, 8 derajat saja sudah bisa terguling. Kadang-kadang pengemudi truk menyetir seperti membawa mobil biasa, makanya suka terjadi truk terguling.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.