Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Penyebab dan Dampak Buruk Air Keluar dari Ventilasi AC

Kompas.com - 22/10/2020, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air Conditioner (AC) menjadi salah satu fitur yang sangat penting untuk memberikan kenyamanan berkendara di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Untuk itu, komponen ini perlu dirawat dengan baik.

Ada beberapa macam kerusakan pada AC, seperti tidak lagi dingin, hawa yang dikeluarkan hangat, atau muncul air pada ventilasi AC.

Baca juga: Ini Ciri Kondensor AC Mobil yang Rusak

Munculnya air pada lubang pengeluaran hawa dingin ini disebabkan oleh embun yang kian menebal. Embun tersebut dapat dihasilkan oleh AC yang terlalu dingin.

Evaporator AC kotor, bahkan kadang berair macam lumpur.Auto Service Car Sarana Banyumas Motor Evaporator AC kotor, bahkan kadang berair macam lumpur.

"Hal tersebut tidak normal. Bila muncul air dari lubang ventilasi AC, biasanya karena ada saluran air yang tersumbat," ujar Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Imam menjelaskan saat AC dihidupkan, evaporator akan mengandung uap air, karena akan mengambil uap air dari udara. Istilah ini sering disebut dengan kondensasi.

Baca juga: Membersihkan Filter AC Mobil Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

"Tapi, jika evaporator dalam keadaan kotor, maka bisa saja menjadi beku. Sehingga, sirkulasi udara tidak dapat bekerja dengan baik dan muncul air di sekitar lubang ventilasi AC," kata Imam.

Jika dibiarkan, menurut Imam, dampaknya bisa merusak komponen AC lainnya. Selain itu, air yang muncul juga dapat menetes dan berisiko mengenai perangkat elektronik yang ada di sekitarnya.

Untuk mencegahnya, Imam menyarankan, untuk lakukan perawatan pada AC secara berkala. Selain itu, hindari kebiasaan membuka jendela saat AC dalam keadaan menyala. Sebab, bisa membuat evaporator cepat kotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com