Tips Berkendara Saat Hujan untuk Biker Berkacamata

Kompas.com - 16/10/2020, 11:02 WIB
Jas Hujan Foto: MotorplusonlineJas Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi sepeda motor membutuhkan fokus yang tinggi saat berkendara, terutama dalam kondisi hujan. Apalagi bagi biker berkacamata, tentunya harus lebih berhati-hati.

Seperti diketahui, suhu yang rendah membuat kacamata mudah terlapis embun. Kacamata yang berembun membuat pandangan jadi terbatas, visibilitas rendah, dan jalan licin jadi penyebab rawannya kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika menggunakan kacamata, usahakan selalu dalam kondisi bersih supaya mencegah pengembunan.

Baca juga: Protokol Kesehatan, BMW Astra Pakai Kamera Pembaca Suhu Otomatis

“Bagi biker berkacamata, sama saja jika ingin menggunakan helm full face atau open face, yang penting punya visor untuk melindungi lensa kacamata. Dan selalu menutup visor helm saat kondisi hujan,” ujar Agus belum lama ini kepada Kompas.com.

Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari luar ruangan, sehingga udara yang ada tidak dapat menahan uap air. Kelebihan uap air akan berubah menjadi embun.

Baca juga: Motor Listrik Gesits Buka Flagship Store Baru di Jakarta

Technical Support KYT Helmet Tugimin mengatakan, salah satu cara untuk mengatasi embun yang bisa ditemukan sehari-hari yaitu menggunakan minyak kayu putih atau sabun cuci cair untuk piring.

"Caranya, balur minyak kayu putih ke permukaan kaca helm. Kemudian dijemur dulu hingga kering sebelum digunakan. Dengan begitu, embun tidak akan menempel jika visor terlapisi zat silikon," tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X