Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Berkendara Saat Hujan untuk Biker Berkacamata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi sepeda motor membutuhkan fokus yang tinggi saat berkendara, terutama dalam kondisi hujan. Apalagi bagi biker berkacamata, tentunya harus lebih berhati-hati.

Seperti diketahui, suhu yang rendah membuat kacamata mudah terlapis embun. Kacamata yang berembun membuat pandangan jadi terbatas, visibilitas rendah, dan jalan licin jadi penyebab rawannya kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jika menggunakan kacamata, usahakan selalu dalam kondisi bersih supaya mencegah pengembunan.

“Bagi biker berkacamata, sama saja jika ingin menggunakan helm full face atau open face, yang penting punya visor untuk melindungi lensa kacamata. Dan selalu menutup visor helm saat kondisi hujan,” ujar Agus belum lama ini kepada Kompas.com.

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari luar ruangan, sehingga udara yang ada tidak dapat menahan uap air. Kelebihan uap air akan berubah menjadi embun.

Technical Support KYT Helmet Tugimin mengatakan, salah satu cara untuk mengatasi embun yang bisa ditemukan sehari-hari yaitu menggunakan minyak kayu putih atau sabun cuci cair untuk piring.

"Caranya, balur minyak kayu putih ke permukaan kaca helm. Kemudian dijemur dulu hingga kering sebelum digunakan. Dengan begitu, embun tidak akan menempel jika visor terlapisi zat silikon," tuturnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/16/110200915/tips-berkendara-saat-hujan-untuk-biker-berkacamata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke