Mengenal MID di Mobil dan Apa Fungsinya

Kompas.com - 14/10/2020, 11:42 WIB
Ilustrasi takometer rpm pada panel MID mobil. CARADVICE.com.auIlustrasi takometer rpm pada panel MID mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini hampir seluruh mobil baru yang dipasarkan di Tanah Air telah dilengkapi fitur multi information display alias MID.. Layar digital yang berguna memudahkan pengemudi dalam mendapatkan informasi tambahan secara konkret.

Pada umumnya, fitur ini terletak di depan setir kemudi bersamaan dengan Spedometer, Fuel Meter, Tachometer Temperatur Mesin, Odometer, dan lain-lain. Letak pastinya tiap mobil berbeda-beda, tapi secara fungsi sama.

Informasi yang diberikan oleh MID seputar konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh kendaraan, baik dari suatu titik tertentu (A ke B) maupun secara keseluruhan.

Baca juga: Jangan Nyetir Mobil Tanpa Alas Kaki, Bahaya!

range pada speedometerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda range pada speedometer

"Pada beberapa mobil ada yang menyematkan informasi tambahan seperti gaya berkendara, jam, sampai keadaan ban secara real time. Meski demikian, fungsi MID tetap sama," kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com.

Adapun informasi umum yang tertera pada MID ialah range, AVG, trip A dan trip B, outside temperature, serta odometer. Berikut ulasan singkatnya;

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Range

Range adalah fungsi indikator yang memberikan informasi mengenai jumlah sisa kapasitas bensin di tangki. Biasanya, satuan hitungan yang digunakan adalah kilometer atau Km.

Sebagai contoh, jika indikator Range menunjukkan angka 150 km, maka secara ideal dengan ketersediaan bahan bakar saat ini pengemudi bisa menjalankan mobilnya hingga jarak mencapai jarak tersebut.

Tapi perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan saja. Bisa jadi, bensin yang tersedia lebih dahulu habis tergantung gaya mengemudi dan kondisi lalu lintas (macet, menanjak, turunan, dan sebagainya).

Baca juga: Ini Ruginya Sering Ngecas Gawai dari Power Outlet Mobil

Ilustrasi MID yang menunjukkan AVGKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi MID yang menunjukkan AVG

AVG

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X