Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Gelap Bisa Memengaruhi Sinyal Ponsel, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 14/10/2020, 10:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat pasti pernah mengalami gangguan sinyal telepon seluler (ponsel) tiba-tiba saat berkendara di dalam mobil.

Kondisi itu bisa saja terjadi ketika berada di basement atau dekat dengan menara pemancar yang juga memiliki frekuensi sinyal. Namun, ada yang beranggapan kaca film gelap bisa memengaruhi sinyal pada ponsel.

Faktanya, kadar gelap kaca film sama sekali tidak berpengaruh pada sinyal ponsel. Faktor yang bisa memengaruhi adalah bahan dasar dari kaca tersebut.

Baca juga: Bisakah Saling Tukar Oli Motor Matik dan Motor Manual?

“Faktanya, sinyal HP itu terpengaruh dari bahan kaca film, bukan dari tingkat kegelapan kaca film. Sinyal HP dan radio akan terpengaruh bila menggunakan kaca film berbahan logam,” ujar CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian kepada Kompas.com.

proses pemasangan kaca filmKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda proses pemasangan kaca film

Christopher menambahkan, sebaiknya menggunakan kaca film dengan kandungan logam di bawah 50 persen agar tidak mengganggu sinyal ponsel, seperti Masterpiece, O2, dan Signature. Sebab, produk tersebut diklaim bisa menahan sinar UV tanpa harus mengorbankan sinyal ponsel atau radio karena tidak menggunakan kaca film berbahan logam.

Baca juga: Kendaraan Darat Sumbang 90 Persen Polusi Udara, Ini Rencana Kemenhub

Selaras dengan Christopher, Martin dari salah satu diler Authorized 3M mengatakan, ada tiga jenis bahan dasar kaca film yang bisa memengaruhi sinyal, bukan berdasarkan tingkat kegelapan kaca film tersebut.

“Jadi kaca film itu biasanya ada tiga jenis bahan dasar, yaitu nano metal, nano carbon, dan nano ceramic. Nah, yang menghambat sinyal itu adalah berbahan dasar nano metal,” kata Martin.

Martin menjelaskan, biasanya kaca film yang berwarna silver menggunakan bahan dasar nano metal dan akan menghambat sinyal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com