Jangan Naik Sepeda Motor Pakai High Heels, Bahaya!

Kompas.com - 13/10/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara AMYIlustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengendara kendaraa roda dua, sepatu menjadi perangkat pengaman kaki yang sangat diperlukan saat berkendara.

Selain untuk melindungi kaki dari cedera serius ketika terjadi kecelakaan, sepatu juga untuk memberikan kenyamanan selama berkendara di jalan raya.

Maka dari itu, pengendara sepeda motor pun harus lebih cermat saat memilih jenis sepatu untuk berkendara.

Sebaiknya, alas kaki yang digunakan benar-benar aman tidak hanya untuk bagian alasnya saja tetapi juga melindungi hingga bagian mata kaki.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Hanya saja, tidak sekarang ini tidak sedikit pemotor terutama wanita yang masih mengabaikan perangkat keamanan tersebut.

Seperti halnya menggunakan sepatu yang berhak tinggi atau high heels. Jenis sepatu ini tentunya tidak sesuai atau justru bisa menimbulkan bahaya ketika digunakan naik motor.

Training Director SAfety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, memilih sepatu sebaiknya yang bisa melindungi hingga mata kaki dan kaki bisa menapak sempurna.

Seorang perempuan dan sepatu high heels-nya.Shutterstock Seorang perempuan dan sepatu high heels-nya.

“Kalau menggunakan high heels bisa berbahaya, berdiri menggunakan high heels saja kadang suka hilang keseimbangan apalagi kalau naik motor,” kata Sony kepada Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Padahal, Sony melanjutkan, saat naik motor pengendara harus menahan berat dan keseimbangan motor. Terutama, ketika motor berhenti di lampu merah atau tempat yang lainnya.

“Pengendara juga harus menahan berat serta keseimbangan motornya, dan kadang kan wanita takut kalau heelsnya rusa sehingga berpijaknya tidak sempurna,” tuturnya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Alur Urus STNK Hilang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X