Ini Kriteria Sepatu yang Aman untuk Naik Motor

Kompas.com - 13/10/2020, 12:01 WIB
Ilustrasi berkendara ISTIMEWAIlustrasi berkendara
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepatu menjadi salah satu perangkat keamanan yang wajib dikenakan oleh pengendara ketika naik sepeda motor.

Perangkat pengaman kaki ini mempunyai peran yang cukup vital ketika berkendara di jalan raya. Tujuannya, yakni untuk mencegah terjadinya trauma berat pada kaki ketika terjadi kecelakaan.

Untuk memaksimalkan fungsi dari alas kaki ini, sebaiknya sepatu yang digunakan juga sesuai dengan standar keamanan yang ada.

Sepatu yang digunakan oleh pengendara kendaraan roda dua mempunyai beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi agar kaki terhindar dari cedera berat atau lebih serius.

Baca juga: Ini Sanksi Buat Pengendara yang Tak Punya SIM

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, alas kaki menjadi perangkat yang bisa menjaga kaki dari beberapa ancaman.

Motor custom Royal Enfield Classic 350 bergaya neo-retro bobberGaadiwaadi.com Motor custom Royal Enfield Classic 350 bergaya neo-retro bobber

Seperti luka yang disebabkan benda tajam, kuman, dan juga berbagai potensi bahaya yang bisa terjadi pada kaki.

“Ketika naik motor perlu alas kaki, karena saat motor stop and go kan kakinya turun, sehingga bersentuhan dengan alas yang bermacam-macam, bisa panas, kotor, kasar bahkan tajam,” ujar Sony kepada Kompas.com, Senin (12/10/2020).

Untuk itu Sony menyarankan agar pengendara mengenakan sepatu yang bisa mengamankan bagian kaki, tidak hanya telapaknya tetapi juga bagian lainnya.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

“Sepatu yang direkomendasikan adalah yang tertutup rapat dan kalau bisa sampai di atas mata kaki,” kata .

Kemudian, Sony menambahkan, sepatu yang dipakai oleh pengendara sebaiknya juga pas tidak longgar dan tidak menggunakan tali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X