Mobil Matik Jangan Malas Oper Tuas Transmisi, Sesuaikan Kondisi Jalan

Kompas.com - 08/10/2020, 12:21 WIB
Salah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya. MMKSISalah satu yang membuat kesan mewah pada kabin Xpander, ada pada tampilan tuas transmisi dan sekitarnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang memiliki mobil bertransmisi otomatis karena kepraktisannya. Tidak seperti mobil manual yang harus sering memindahkan tuas transmisi sesuai dengan kondisi mesin.

Namun, karena kepraktisannya tersebut terkadang pemilik mobil terlena dan malas mengubah posisi tuas transmisi. Padahal, idealnya posisi tuas transmisi disesuaikan dengan kondisi jalan yang sedang dilalui, seperti tanjakan, turunan, atau macet sekalipun.

Baca juga: Catat, Jangan Lakukan Ini Saat Mengemudikan Mobil Transmisi Matik

Kondisi Jalan Tanjakan

Honda BR-V saat melewati tanjakan di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Baratkompas.com Honda BR-V saat melewati tanjakan di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis mobil bertransmisi otomatis Worner Matic, mengatakan, mobil matik berisiko gagal nanjak saat transmisi matik memindahkan gigi ke rasio yang lebih berat.

"Saat melewati tanjakan curam jangan biarkan tuas transmisi di posisi D, karena perpindahan gigi yang dilakukan secara otomatis malah melemahkan kemampuan menanjaknya. Padahal, mobil matik bisa dengan mudah melewati tanjakan curam,” kata Hermas, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Hermas menambahkan, kalau posisi gigi tetap di D, saat gas diinjak melewati tanjakan curam, gigi akan otomatis berpindah. Kondisi tersebut yang membuat mobil akan kehilangan torsi dan gagal menanjak.

Akhirnya, muncul anggapan mobil matik tidak kuat menanjak. Padahal, tergantung dari posisi tuas transmisi yang digunakan.

“Sementara kalau pakai ‘L’ atau ‘D1’, gigi akan terus ditahan di posisi paling rendah. Sehingga bisa dengan mudah mendorong mobil melewati tanjakan curam,” ujar Hermas.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Oli Transmisi Matik Mobil

Kondisi Jalan Turunan

Honda BR-V saat melewati turunan terjal di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat.Kompas.com/Dio Honda BR-V saat melewati turunan terjal di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat.

Banyak kasus mobil matik menyelonong saat melewati turunan. Sebab, banyak yang tidak memanfaatkan engine brake dan hanya mengandalkan rem saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X