Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Oli Transmisi Matik Mobil

Kompas.com - 25/09/2020, 20:01 WIB
(Ilustrasi) Bengkel Daihatsu bodi repair tunasdaihatsu.com(Ilustrasi) Bengkel Daihatsu bodi repair
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pengguna mobil tentu menginginkan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar aktivitas tidak terganggu karena adanya masalah tertentu.

Namun seiring dengan penggunaan, tak jarang mobil mengaami kerusakan yang tidak diprediksi sebelumnya. Sebagai contoh, bocornya oli transmisi pada mobil matik.

"Penyebabnya beragam, baik dari kerusakan saluran fluida, pelat transmisi, hingga penggunaan. Hal ini harus segera diatasi karena jika abai oli bisa berkurang dan berdampak pada komponen penting lainnya," kata Training Department Section Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima Barus belum lama ini.

Baca juga: PSBB Diperpanjang, Mobil Parkir Lama Apa Perlu Cabut Aki?

Ilustrasi filter oli mobilhttp://palumbosautomotive.com/ Ilustrasi filter oli mobil

Menurut Aji, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekkan kebocoran ini. Pertama, menggunakan dipstick oli transmisi matik yang biasanya telah tersedia di mobil.

Dipstick merupakan batang besi berbentuk pipih, yang dicelupkan ke lokasi penyimpanan oli mobil. Alat ini merupakan bagian dari mobil yang sudah disediakan oleh produsen.

Pada dipstick, biasanya terdapat tulisan Hot (H) dan Cool (C). Jika mesin mobil sudah dipanaskan namun oli transmisi berada di bawah C, berarti volume oli transmisi berkurang.

"Penggunaan dipstick cukup mudah, tidak perlu keahlian khusus. Pemilik mobil hanya perlu membuka kap mesin dan melihatnya," ujar Aji.

Baca juga: Pahami Lagi Arti Huruf E pada Indikator Bahan Bakar

Dipstick oli pada mesin mobilwww.automobilexyz.com Dipstick oli pada mesin mobil

Cara kedua yang bisa digunakan adalah melihat bagian kolong mobil.
Bila oli transmisi matik ada kebocoran maka bisa dilihat di lantai terdapat tetesan oli.

Oli transmisi yang bocor biasanya akan menetes pada lantai sehingga bisa dilihat saat memindahkan mobil usai diparkirkan cukup lama.

"Bisa juga melihat di sekeliling bagian mesin dan transmisi, kalau ada rembesan oli berarti oli memang bocor," kata Aji lagi.

Lebih lanjut, pemilik segera hubungi diler resmi terdekat jika terjadi hal-hal yang janggal pada kendaraannya agar tidak timbul masalah yang lebih besar di kemudian hari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X