Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tuas yang Benar pada Mobil Transmisi Matik Saat Memanaskan Mesin

Kompas.com - 08/10/2020, 10:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi manual memiliki perbedaan dengan mobil bertransmisi matik dalam beberapa hal. Tapi, perbedaan utama tetap pada transmisinya.

Pada mobil bertransmisi matik, mobil bisa diparkir dengan tuas transmisi di P atau N. Namun, untuk memanaskan mesin, banyak anggapan yang berkembang bahwa posisi tuas transmisi harus di N.

Baca juga: Catat, Jangan Lakukan Ini Saat Mengemudikan Mobil Transmisi Matik

Sebab, pompa oli tidak akan bekerja dan tidak melumasi komponen yang ada jika tuas transmisi di posisi P. Pada akhirnya, membuat transmisi aus dan umurnya lebih pendek.

Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi, mengatakan, informasi tersebut tidak benar dan mengarah pada kekeliruan.

“Tidak benar anggapan tersebut. Antara posisi P dan N, oli transmisi tetap bekerja,” ujar Bambang, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Oli Transmisi Matik Mobil

Bambang menjelaskan, pada saat tuas transmisi di posisi P, lock output shaft terkunci secara manual. Saat tuas digerakkan ke posisi N, kunci terlepas dari shaft.

Dalam proses kerja mobil bertransmisi otomatis, pompa oli transmisi akan langsung bekerja selaras dengan putaran mesin. Begitu mesin menyala, pompa oli juga akan bekerja, dan tekanan oli langsung bergerak melumasi kampas.

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

“Jadi, tidak ada pengaruhnya mau di P dan N. Lagi pula, sekarang memanaskan mobil itu tidak perlu lama-lama, teknologi, material, dan oli sudah lebih canggih. Begitu mesin menyala, mau langsung dipakai juga tidak masalah,” kata Bambang.

Terkait posisi tuas yang tepat, Bambang menyarankan posisi tuas transmisi tetap di P. Alasannya, untuk keamanan agar mobil tidak bergerak. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengaktifkan rem tangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com