Mobil Terbakar di Garasi Rumah, Ini Langkah Penanganannya

Kompas.com - 06/10/2020, 16:41 WIB
Mini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah @humasjakfireMini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden mobil terbakar yang terjadi pada Mini Cooper di daerah Menteng, Jakarta Pusat, berbeda dengan kasus lainnya. Sebab, kebakaran terjadi saat sedang berada di rumah, bukan di jalan.

Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran tersebut. Info awal kebakaran terjadi dari mobil Mini Cooper warna hijau yang berada di dalam garasi rumah.

Baca juga: Mobil Terbakar di SPBU, Ingat Bahaya Main Ponsel Saat Isi Bensin

Dalam kondisi seperti itu, yang harus dilakukan oleh pemilik rumah atau pemilik mobil terlebih dahulu adalah jangan panik.

Mini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah@humasjakfire Mini Cooper terbakar saat sedang berada di rumah

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menyarankan, pemilik mobil untuk mematikan mesin. Lalu, keluarkan Alat Pemadam Api Ringan ( APAR).

"Tidak disarankan untuk mengeluarkan dan membawa barang bawaan yang tertinggal di dalam mobil," ujar Jusri, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Senin (05/10/2020) Satu mobil mewah jenis Mini Cooper terbakar di dalam garasi rumah di Jalan Lembang, Kel. Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin pagi. Nurul Lusianto, Danton Sektor 3 Menteng mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30. Yang terbakar mobil jenis Mini Cooper berwarna Hijau dengan Nopol B 1 JCW. Sebanyak 6 unit dengan 30 personil #DamkarDKI dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Api dengan cepat berhasil dikuasai sehingga hanya membakar dibagian garasi dan kanopi teras. Tidak ada korban dalam kejadian ini. Penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan pihak berwajib. #DamkarDKI #CepatResponJKT #StaySafe #JKTInfo - @aniesbaswedan @bangariza @dkijakarta @dprddkijakarta

A post shared by Pemadam DKI Jakarta (@humasjakfire) on Oct 5, 2020 at 1:49am PDT

Menurut Jusri, sumber kebakaran biasanya terjadi di balik kap mesin dan akan membuat pemadaman berlangsung cukup sulit. Untuk itu, usahakan mendapat bantuan pemadaman dari sumber lain, seperti APAR tambahan atau pasir milik masyarakat sekitar.

"Kalau api masih kecil, pakai kain yang dibasahkan. Lalu lapisi bagian tersebut. Jangan langsung disemprot air sebelum petugas datang karena bisa berbahaya," kata Jusri.

Baca juga: Cara Benar Merawat APAR, Ingat Kedaluwarsanya

Maka itu, penting sekali bagi setiap pemilik mobil untuk menyediakan APAR di dalam mobil. Tujuannya agar dapat mencegah mobil habis terbakar. Sehingga, kerusakan dan kerugian dapat diminimalisasi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X