Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Yamaha RX-King, Cukup Perhatikan Oli Samping

Kompas.com - 01/10/2020, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha RX-King menjadi salah satu motor sport legendaris yang masih eksis hingga kini. Meski produksinya sudah dihentikan sejak 2009 silam, justru makin membuat motor ini menjadi item yang paling diburu oleh konsumen otomotif.

Bahkan tidak sedikit masyarakat yang berani menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah demi meminang ‘Sang Raja’ 2-tak ini.

Meski motor ini masuk jajaran motor lawas dan sudah tidak diproduksi lagi, ternyata perawatan yang dilakukan cukup mudah dan tidak ribet. 

Baca juga: 5 Komponen Motor yang Wajib Diperhatikan Saat Cuaca Panas

“RX-King itu sebenarnya motor awet, tidak sulit perawatannya,” ujar Ahmad Arif atau yang dikenal dengan Arif King Priok, pedagang jual beli motor lawas di Jakarta Utara kepada Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Sepeda motor Yamaha RX-KING milik Fadel yang hilang saat terparkir di samping rumahnya di kawasan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.Dok Pribadi Fadel Sepeda motor Yamaha RX-KING milik Fadel yang hilang saat terparkir di samping rumahnya di kawasan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

Arif melanjutkan, pada motor bermesin 2-tak, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah suplai oli samping ke dalam silinder dan juga head.

“Kalau perawatan RX-King mau tahun tua atau muda sama saja, yang penting oli sampingnya cukup. Karena oli tersebut memiliki fungsi penting dalam proses pelumasan untuk membantu pembakaran. Jadi jangan sampai dibiarkan nyaris kosong,” kata Arif.

Baca juga: Jalanan Sepi Ternyata Rawan Kecelakaan

Telat memberikan oli samping bisa membuat seher atau piston kering sebagai dampak awal, yang kemudian bisa merembet ke setang seher dan komponen lainnya.

Untuk diketahui, PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) memutuskan untuk menyetop produksi RX-King pada tahun 2009 setelah diterbitkan pertama kali pada tahun 1980.

Kendati demikian, YIMM masih terus memproduksi suku cadangnya. Bahkan, setelah 11 tahun didiskontinu, komponen RX-King masih banyak tersedia di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com