Sedang Uji Jalan, PO Laju Prima Segera Punya 2 Bus Tingkat

Kompas.com - 29/09/2020, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa minggu belakangan, banyak tersebar video bus tingkat terbaru dari PO Laju Prima sedang diuji jalan oleh karoseri Laksana. Kabarnya sebentar lagi akan dirilis dan digunakan sebagai armada antar kota antar provinsi (AKAP).

Untuk bodinya sendiri, PO Laju Prima memercayai karoseri Laksana asal Ungaran. Bodi yang digunakan yaitu Legacy SR2 Double Decker, memiliki tinggi 4,15 meter, lebar 2,5 meter dan panjang 13,5 meter.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, bus milik PO Laju Prima ini memang segera dirilis dan sudah melewati uji jalan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Harga LSUV Bekas Akhir September Ini, Mulai Rp 60 Jutaan Dapat Tahun Muda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republikrakyattransportasi id (@populace_republictransport_ltd) on Sep 23, 2020 at 11:23am PDT

 

“Sasisnya pakai Volvo B11R 430 HP. Fasilitas yang ada di kabinnya yaitu toilet yang ada di tengah dan tanpa sleeper seat,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (29/9/2020).

Volvo B11R sendiri merupakan sasis tronton atau triple axle, sehingga kuat untuk menggendong bodi double decker yang berat. Menggunakan mesin D11 enam silinder segaris 11.000 cc menghasilkan 430 tenaga kuda dan torsi 1.970 Nm.

Baca juga: Harga SUV Medium Bekas Akhir September, CR-V Lawas Hanya Rp 60 Jutaan

Untuk bagian kabinnya, Werry mengatakan kalau di lantai bawah menggunakan susunan kursi dua di kanan dan dua di kiri (2-2), begitu juga susunan kursi di atas. Biasanya di PO lain menggunakan susunan kursi 2-1 di bawah, menggunakan kursi yang lebih lebar.

“Jadi bisa muat lebih banyak penumpang dengan susunan kursi 2-2 di bawah,” kata Werry.
Kabarnya, PO Laju Prima membuat dua unit bus double decker. Untuk trayeknya sendiri sekitar Pulau Jawa dan melalui Tol Transjawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.