Wacana Pajak Nol Persen untuk Mobil Baru, Bikin Penjualan Mobil Bekas Goyang?

Kompas.com - 27/09/2020, 15:41 WIB
Aktivitas pekerja pada proses produksi di sektor industri otomotif, Jakarta, Senin (14/9/2020). Dokumentasi Humas Kementerian PerindustrianAktivitas pekerja pada proses produksi di sektor industri otomotif, Jakarta, Senin (14/9/2020).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pajak nol persen untuk mobil baru yang digulirkan Menteri Perindustrian ( Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita ramai diperbincangkan akhir-akhir ini.

Meski hanya sebatas wacana, tetapi jika rencana tersebut benar direalisasikan tentunya akan berdampak pada sektor penjualan kendaraan roda empat.

Hal ini karena harga mobil baru akan menjadi lebih murah hingga lebih dari 40 persen karena adanya penghapusan sejumlah pembiayaan.

Benarkan wacana pajak nol persen ini berpengaruh terhadap penjualan mobil bekas sekarang ini?

Baca juga: Wacana Pajak Mobil Baru Nol Persen, Ingat Lagi Soal Pajak Progresif

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, sejak munculnya wacana tersebut belum ada efeknya terhadap penjualan mobil seken.

Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.Ari Purnomo Seorang pedagang memasang kertas berisi spesifikasi mobil yang akan dijual di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/12/2019). Setiap Minggu ratusan mobil bekas dijajakan di Bursa Mobil Sriwedari.

“Itu masih sebatas wacana, tentunya akan ada pertimbangan sebelum itu dijalankan. Kalau saya melihatnya masih 50:50 ya, jadi belum ada efeknya,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (27/8/2020)

Sampai saat ini peminat kendaraan roda empat setengah pakai masih sama seperti sebelumnya atau ketika wacana pajak nol persen belum digulirkan.

“Sejauh ini masih normal, yang datang ke showroom belum turun, yang datang ke website juga sama. Yang nawar juga masih sama, tidak ada yang menawar sadis, karena melihatnya masih sebatas wacana,” tuturnya.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan di Balai Lelang

Menurutnya, kemungkinan akan ada pengaruh ketika pemerintah sudah memastikan kebijakan tersebut.

“Karena belum ada ketuk palunya, mulainya tanggal berapa dan akan berlaku sampai tanggal berapa,” katanya.

Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).Ari Purnomo Seorang pengunjung melihat deretan mobil bekas yang dipajang di bursa mobil Sriwedari, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (15/12/2019).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X