Valentino Rossi Resmi Masuk Tim Petronas Yamaha

Kompas.com - 26/09/2020, 18:48 WIB
Valentino Rossi Foto: TIZIANA FABI AFPValentino Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama diberitakan, Petronas Yamaha Sepang Racing Team akhirnya dengan bangga bisa mengumumkan bahwa Valentino Rossi akan bergabung untuk musim 2021. Pebalap asal Italia tersebut menandatangani kontrak untuk satu musim.

Ketika bicara tentang perpanjang kontrak, Rossi selalu dikabarkan akan pensiun sejak beberapa tahun belakangan ini. Tapi, kali ini mungkin bisa jadi kontrak terakhirnya.

Baca juga: Pindah ke Petronas, Rossi Sedih Pisah dengan 2 Mekanik Paling Setianya

Rossi sudah bersaing di kelas utama sejak tahun 2000. Pebalap yang kini berusia 41 tahun itu sudah menjadi satu-satunya pebalap dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).

Di kelas utama saja, Valentino memiliki tujuh gelar dunia, 89 kemenangan balapan, 199 podium, 55 posisi terdepan dan 76 lap tercepat. Sebagai bagian dari Petronas Yamaha SRT pada 2021, terhitung Rossi akan bersaing dengan Yamaha YZR-M1 untuk musim kesembilannya berturut-turut.

Rossi akan menjadi rekan setim dari anak didiknya sendiri, yakni Franco Morbidelli. Meski statusnya berada di tim satelit, tapi Rossi tetap mendapat dukungan penuh dari Yamaha, sama seperti pebalap pabrikan.

Baca juga: Kontrak di Petronas Yamaha Hanya Satu Tahun, Rossi Sempat Marah

Razlan Razali, Petronas Yamaha SRT Principal, mengatakan, merupakan suatu kehormatan mutlak untuk menyambut Valentino Rossi, pebalap ikonik dan legenda ke dalam tim tahun depan. Pengalamannya akan menjadi aset besar kepada tim di musim ketiga di MotoGP dan yakin akan dapat belajar banyak dari Rossi.

"Pada saat yang sama, kami akan melakukan yang terbaik untuk membantunya menjadi kompetitif untuk menghadiahinya atas kepercayaan yang dia miliki kepada kami sebagai tim. Kami merasa rendah hati dengan kesempatan ini dan siap untuk menghadapi tantangan," ujar Razali, dikutip dari MotoGP.com.

Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).

Razali menambahkan, dirinya percaya bahwa kombinasi Rossi dan Morbidelli akan memberikan kekuatan yang benar-benar tangguh di trek untuk membantu Petronas Yamaha mencapai tujuan menjadi sekompetitif mungkin bersama tahun depan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X