Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2020, 15:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suspensi aftermarket yang dijual di pasaran memang memiliki fitur tambahan dibanding bawaan motor. Salah satu kelebihan yang ada pada beberapa suspensi aftermarket adalah setelan preload.

Bagi beberapa orang awam, tidak begitu mengerti apa fungsi dari setelan preload di suspensi ini. Sebagian orang hanya membelinya karena memiliki model yang keren ataupun dari merek yang sedang tren saat ini.

Lalu, apa fungsi setelan preload pada suspensi motor?

Baca juga: Kontrak di Petronas Yamaha Hanya Satu Tahun, Rossi Sempat Marah

Honda CRF150L. Suspensi belakang monoshock dengan pro-link. Febri Ardani/KompasOtomotif Honda CRF150L. Suspensi belakang monoshock dengan pro-link.

Mekanik Ohlins Indonesia, Mumus Muslihat, mengatakan, setelan preload berfungsi untuk mengatur keras lembutnya per. Penyetelannya juga disesuaikan dengan berat pengendara dan apa sering berboncengan atau tidak.

“Menyetel preload, biasanya kita tanya dulu berapa berat badan dari pengendara. Kalau memang dia sering boncengan, kita tambah setelan preload-nya. Semakin dia menekan per, semakin keras setelannya,” kata Mumus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Semakin berat beban yang ditopang oleh motor, semakin keras juga setelan preload-nya. Penyetelan yang keras ini disesuaikan agar ketika pengendara naik motornya, ban tidak menempel ke bodi dan motor malah terasa keras.

Baca juga: Jika Pajak Mobil Baru Nol Persen, Harga LCGC Setara Motor Sport 250 cc

Proses menyetel preload suspensi ada tiga. Pertama, yaitu saat motor menggantung dan ban melayang. Kedua, saat motor menyentuh tanah; dan ketiga, saat motor dinaiki pengendara.

Jadi preload mengatur jarak main suspensi agar tidak terlalu keras akibat turunnya hanya sedikit, atau jarak mainnya terlalu banyak yang mengakibatkan bottoming atau mentok ke bagian bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com