Cara Mengendalikan Motor Sambil Berdiri

Kompas.com - 23/09/2020, 18:41 WIB
Cara mengendalikan motor sambil berdiri Foto: KUROYAMA Dirt Bike Lessons/ YoutubeCara mengendalikan motor sambil berdiri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa teknik yang mesti dikuasai jika ingin bermain motor off road. Salah satu yang cukup penting ialah teknik mengendalikan motor dengan posisi berdiri.

Posisi ini penting sebab pengendara tidak bisa cuma mengandalkan posisi duduk di jok. Jika melalui jalan rusak atau bergelombang, maka perlu berdiri agar lebih mudah melewati rintangan.

Kenichi Kuroyama, salah satu master off road di lingkup Yamaha dalam program Kuroyama Dirt Bike Lessons, menerangkan bahwa postur tubuh merupakan kunci mengendalikan motor saat berdiri.

Baca juga: Kenapa Ban Depan Motor Trail Lebih Besar daripada Ban Belakang?

Cara mengendalikan motor sambil berdiriFoto: KUROYAMA Dirt Bike Lessons/ Youtube Cara mengendalikan motor sambil berdiri

"Mungkin kita tidak pernah naik motor sambil berdiri di jalanan kota, tapi dalam off road berdiri sambil mengendarai motor adalah hal yang sangat penting," kata Kuroyama, dikutip Kompas.com, dari Youtube Rabu (23/9/2020).

Ketika berdiri di atas motor jaga keseimbangan dengan cara memosisikan agar bahu sejajar dengan setang. Jika setang bergerak ke kiri maka bahu mengikuti ke arah kiri dan juga sebaliknya.

Baca juga: Mengenal Bebek Trail Honda XRM125 DS

Cara berdiri yang benar pun ada patokannya. Posisi badan sedikit ke belakang, adapun siku, punggung dan lurut harus sedikit ditekuk. Menekuk sedikit persendian akan memudahkan dalam bergerak.

Cara mengendalikan motor dalam posisi berdiriFoto: KUROYAMA Dirt Bike Lessons Cara mengendalikan motor dalam posisi berdiri

Buka siku ke arah luar dan longgarkan tangan. Kemudian sedikit menekuk pinggul dan ujung kaki mesti lurus ke arah depan. Jangan melebar ke samping karena bisa terkena batu, ranting atau hal lainnya.

Selanjutnya usahakan ujung kaki jangan menyentuh tuas perpindahan gigi. Posisikan foot step berada di tengah telapak kaki sehingga ujung jari kaki punya jarak dengan tuas pemindah gigi.

Jika dari posisi duduk kemudian ingin berdiri maka berdiri dengan cara memberikan tumpuan di kaki. Tangan usahakan jangan menarik setang saat berdiri karena akan mengganggu keseimbangan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X