M-Bike Bikin Motor Honda juga Bisa Terkoneksi dengan Ponsel

Kompas.com - 23/09/2020, 18:21 WIB
Skutik baru Honda ADV150 akhirnya meluncur di GIIAS 2019. Gilang Satria/Kompas.comSkutik baru Honda ADV150 akhirnya meluncur di GIIAS 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menawarkan alat pengaman tambahan dengan fitur yang beragam. Tak kalah saing dengan Yamaha, alat tersebut bisa bikin motor Honda terkoneksi dengan ponsel.

Ada beberapa perbedaan antara aplikasi Y-Connect dari Yamaha dengan M-Bike dari Honda. Masing-masing juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca juga: Honda Tawarkan M-Bike untuk Cegah Motor Digondol Maling

Perbedaan paling utama adalah M-Bike dijual secara terpisah. Alat ini dapat berfungsi dengan bantuan provider internet dan perlu diisi kuota berlangganan. Tapi, M-Bike dapat digunakan di semua tipe motor injeksi Honda.

Aplikasi khusus untuk NMAX 155 Connected/ABS di Google Play StoreKOMPAS.com/Ruly Aplikasi khusus untuk NMAX 155 Connected/ABS di Google Play Store

Sementara Y-Connect, sudah disematkan dari pabrikan dan terkoneksi dengan ponsel melalui bluetooth. Tentunya, fitur ini hanya ada di All New Nmax 155 Connected (ABS) saja.

M-BikeIstimewa M-Bike

M-Bike memiliki fitur GPS, sementara Y-Connect tidak ada. Y-Connect hanya dapat memberi tahu pengendara lokasi terakhir motor diparkir. Jika motor berpindah tempat, maka tidak terlacak lagi.

Pada M-Bike, terdapat alarm peringatan yang masuk melalui notifikasi di ponsel, seperti Theft Alert, Speed Limit Alert, Ignition Alert, dan lainnya. Selain itu, ada juga ramalan cuaca.

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Y-Connect juga memiliki keunggulan tersendiri. Saat terhubung dengan ponsel, layar instrumen pada dasbor dapat memberi tahu pengendara jika ada telepon, e-mail, atau pesan yang masuk.

Kelebihan utama dari M-Bike adalah mampu terhubung dari jarak jauh sekalipun, asalkan masih terkoneksi dengan internet.

Alat pengaman tambahan multifungsi resmi dari Honda, yakni M-BikeTokopedia Edjot Shop Alat pengaman tambahan multifungsi resmi dari Honda, yakni M-Bike

Dengan alat ini, pengendara bisa saja mematikan mesin motor dari kejauhan, sekalipun sedang dikendarai. Keunggulan tersebut tidak ditemukan pada Y-Connect, karena terhubung dengan Bluetooth, jadi ada batasan jarak.

Baca juga: Peranti Pengaman M-Bike Kompatibel untuk Semua Motor Honda

Tapi, pada Y-Connect ada yang namanya RevsDashboard. Fitur ini mengizinkan pengguna aplikasi untuk melihat berapa derajat bukaan gas, putaran mesin (rpm), akselerasi, dan eco riding. Semua bisa dilihat secara real-time.

All New NMAX 155 Connected (ABS) dibanderol Rp 33.750.000 (OTR Jakarta). Sementara M-Bike, dijual terpisah dengan harga Rp 2.429.000.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X