Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengendalikan Motor Sambil Berdiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa teknik yang mesti dikuasai jika ingin bermain motor off road. Salah satu yang cukup penting ialah teknik mengendalikan motor dengan posisi berdiri.

Posisi ini penting sebab pengendara tidak bisa cuma mengandalkan posisi duduk di jok. Jika melalui jalan rusak atau bergelombang, maka perlu berdiri agar lebih mudah melewati rintangan.

Kenichi Kuroyama, salah satu master off road di lingkup Yamaha dalam program Kuroyama Dirt Bike Lessons, menerangkan bahwa postur tubuh merupakan kunci mengendalikan motor saat berdiri.

"Mungkin kita tidak pernah naik motor sambil berdiri di jalanan kota, tapi dalam off road berdiri sambil mengendarai motor adalah hal yang sangat penting," kata Kuroyama, dikutip Kompas.com, dari Youtube Rabu (23/9/2020).

Ketika berdiri di atas motor jaga keseimbangan dengan cara memosisikan agar bahu sejajar dengan setang. Jika setang bergerak ke kiri maka bahu mengikuti ke arah kiri dan juga sebaliknya.

Cara berdiri yang benar pun ada patokannya. Posisi badan sedikit ke belakang, adapun siku, punggung dan lurut harus sedikit ditekuk. Menekuk sedikit persendian akan memudahkan dalam bergerak.

Buka siku ke arah luar dan longgarkan tangan. Kemudian sedikit menekuk pinggul dan ujung kaki mesti lurus ke arah depan. Jangan melebar ke samping karena bisa terkena batu, ranting atau hal lainnya.

Selanjutnya usahakan ujung kaki jangan menyentuh tuas perpindahan gigi. Posisikan foot step berada di tengah telapak kaki sehingga ujung jari kaki punya jarak dengan tuas pemindah gigi.

Jika dari posisi duduk kemudian ingin berdiri maka berdiri dengan cara memberikan tumpuan di kaki. Tangan usahakan jangan menarik setang saat berdiri karena akan mengganggu keseimbangan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/23/184100915/cara-mengendalikan-motor-sambil-berdiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke