Kenapa Ban Depan Motor Trail Lebih Besar daripada Ban Belakang?

Kompas.com - 18/09/2020, 15:41 WIB
KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumen dirtbiketest.comKTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat atau pengguna sepeda motor mungkin ada yang belum tahu bahwa ukuran ban motor trail ternyata berbeda. Secara umum, ban depan lebih besar ketimbang belakang.

Sebagai contoh, ukurab ban pada Honda CRF150L yang bagian depan menggunakan 2.75-21/45SP dan belakang 4.11-85. Sementara Kawasaki KLX 150, ban depan 70/100-19M/C 42P, sedangkan belakang 90/200-16M/C 51P.

Baca juga: Royal Enfield Himalayan Scrambler Melunturkan Kesan Penjelajah               

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, menjelaskan, secara filosofi ban depan pada motor trail berukuran lebih besar dibanding bagian belakang.

Motor trail Viar di GIIaS 2019Kompas.com/Setyo Adi Motor trail Viar di GIIaS 2019

“Tujuan utamanya untuk meredam kejutannya, ketika beban terpaku pada bagian depan, dan ban belakang membantu ketika motor mau belok,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/9/2020).                           

Baca juga: Salah Pasang Baut Pelek Truk dan Bus Bisa Bikin Rusak Hingga Celaka        

Faktor lain, lanjut Zulpata pengggunaan shock bagian depan juga dibuat panjang sehingga harus ditunjang dengan ukuran ban lebih besar, sehingga ketika melakukan manuver di lintasan off-road lebih stabil.          

“Jadi agar lebih mudah dan tentunya seimbang serta kuat ketika melakukan akselerasi di jalur-jalur tanah atau berlubang,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X