Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Sumber Alam Pasang Livery Unik pada Armada Pariwisatanya

Kompas.com - 23/09/2020, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) asal Kutoarjo, Sumber Alam memiliki tampilan baru pada armada bus pariwisatanya. Bus Sumber Alam yang terkenal dengan warna putih biru, diberi sentuhan segar dengan stiker grafis.

Tampilan bus yang baru ini ternyata hasil dari juara lomba desain livery yang diadakan PO Sumber Alam pada tahun 2019. Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam awalnya tidak ingin mengubah livery Sumber Alam yang sudah melegenda ini.

“Awalnya dari media sosial banyak sekali permintaan perubahan livery. Namun merubah livery itu banyak pertimbangan dan saya abaikan,” ucap Anthony kepada Kompas.com, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: Baru Meluncur di Indonesia, Toyota GR Supra 2020 Langsung Ludes

Livery Sumber AlamIstimewa Livery Sumber Alam

“Tahun kedua saya kelola PO Sumber Alam, makin banyak suara untuk pergantian livery itu. Akhirnya saya buatkan lomba desain livery,” kata Anthony.

Anthony mengatakan, lomba livery ini akan dipasang pada armada pariwisata. Hal ini dikarenakan secara unit, pariwisata lebih sedikit dan bila mencolok motifnya, akan menarik perhatian orang-orang.

“Setelah lomba pada 2019, memang tiga desain livery pemenang akan diaplikasikan pada unit kami. Awal 2020 kita sudah cat yang juara tiga diaplikasikan ke bus paket dan juara 1 dan 2 dipasang ke armada pariwisata,” kata dia.

Baca juga: Honda ADV150 Punya 3 Warna Baru Plus Emblem Timbul

Livery Sumber AlamIstimewa Livery Sumber Alam

Untuk desain livery juara pertama, dibuat oleh seorang arsitek bernama Yopie. Desainnya mengangkat dari tari tradisional asal Purworejo yaitu Tari Dolalak. Bodi bus pariwisata Sumber Alam ditempeli stiker penari Dolalak pada bagian tengah bus.

Ukuran penarinya juga besar, dari bagian tengah bodi sampai ke kaca bus. Selain itu, ada grafis ombak berwarna biru, biru muda, putih, dan emas, menambah kesan tradisional pada tampilan keseluruhan bus.

Livery juara pertama ini juga ditempelkan pada bus dengan bodi Legacy SR2 HD Prime buatan karoseri Laksana. Anthony mengatakan, sebenarnya livery juara pertama ini akan dipasang pada unit baru dari karoseri, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com