Cara Aman Ganti Ban Mobil yang Kempis di Jalan Raya

Kompas.com - 18/09/2020, 19:41 WIB
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. afroautos.comIlustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu masalah yang bisa terjadi di jalan raya yaitu ban kempis. Ban kempis bisa terjadi karena ban yang melindas paku, maupun karena melibas lubang.

Biasanya, mobil sudah dilengkapi dengan dongkrak, kunci pembuka baut, dan ban serep, agar pemilik bisa menggantinya sendiri.

Namun perlu diperhatikan, mengganti ban yang kempis di jalan punya banyak risiko, mulai dari terserempet, tabrak belakang, bahkan aksi kriminal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana akan memberikan bagaimana cara menganti ban di pinggir jalan dan tetap memerhatikan aspek keselamatannya.

Baca juga: Harga Mobil Bekas yang Mereknya Tak Ada di Indonesia Jadi Anjlok, Ini Alasannya

Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalanshutterstock Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalan

“Pertama, berhenti di area yang aman, tidak hanya rata, keras dan kering. Kadang pengemudi langsung berhenti, mengabaikan keselamatan,” kata Sony kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020).

Kalau berhenti di jalan raya, lihat situasi dan kondisinya, saat malam hari, berhentinya bisa di pos polisi terdekat, area rumah makan, atau pom bensin. Karena kalau di pinggir jalan rawan begal dan terserempet mobil.

“Itulah kenapa kalau ban kempis tapi enggak aman tempatnya, mending tetap di glontorin pelan-pelan sampai pos polisi terdekat. Tidak apa-apa ban rusak, yang penting aman dari kejahatan,” ucap Sony.

Baca juga: Honda Terpuruk Tanpa Marquez, Ini Kata Lorenzo

Kedua, supaya beban mobil stabil, semua penumpang keluar ke tempat yang aman. Selanjutnya yaitu nyalakan lampu hazard, ditambah pasang segitiga pengaman. Penempatan segitiganya tergantung dari kondisi lalu lintasnya.

“Keempat, lakukan penggantian dengan segera dan hati-hati, tetapi tetap jangan lupa harus ada marshall atau orang di belakang yang membantu pengawasan lalu lintas,” kata dia.

Terakhir, kalau misalnya merasa tidak yakin bisa mengganti ban sendiri, bisa tunggu bantuan petugas yang patroli secara rutin. Jadi penggantian ban bisa dilakukan dengan benar dan aman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X