Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Mobil Mengeluarkan Suara Saat Berbelok, Pertanda Apa?

Kompas.com - 09/09/2020, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika mendengar bunyi muncul di mobil Anda dengan frekuensi yang cepat pada bagian dalam ban saat berbelok kanan-kiri, segera lakukan pengecekan. Kemungkinan besar, kaki-kaki mobil Anda sudah waktunya “diopname”.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, penyebab mobil mengeluarkan bunyi “Tek-tek-tek” tersebut beragam.

“Bunyi tersebut bisa berasal dari tie rod, absorber,kaliper rem, atau as kopel,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Diskon Motor Sport 150 cc, Suzuki GSX Series Lebih Murah Rp 2 Juta

Khusus untuk yang terkahir (as kopel) Bambang menjelaskan, biasanya bunyi yang dihasilkan bukan saat berbelok. Namun dalam keadaan jalan lurus dengan berbagai variasi kecepatan.

Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif KompasOtomotif Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif

“Suara bisa semakin nyaring dan cepat kalau belokannya dengan kecepatan agak tinggi, tergantung kerusakan. Kalau makin keras, berarti sudah harus di cek apa penyebabnya,” kata Bambang

Bagian yang berbunyi adalah bagian yang diindikasikan rusak. Misalnya, saat belok kanan, malah bagian kiri yang bunyi atau sebaliknya. Bagian yang bunyi harus diperiksa.

Baca juga: Per September 2020, Motor Bebek Diskon Jutaan Rupiah

"Misalnya V-belt yang kendor sebabkan water pump atau alternator tidak bekerja. Untuk penanganannya tergantung kondisi aktual, apakah bisa dikencangkan atau harus ganti, bila dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan pada fungsi komponen," kata Bambang.

Biaya penggantian komponen ini bervariasi, tergantung pada model mobil. Namun, sebagai kisaran siapkan dana Rp 250.000 sampai Rp 400.000 untuk komponen CV joint (satu sisi), belum termasuk ongkos pasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com