Honda CG110 Bersolek Jadi Chopper Pembawa Papan Seluncur

Kompas.com - 16/09/2020, 17:41 WIB
Honda CG110 Chopper Foto: BikeexifHonda CG110 Chopper
|

KHUCING, KOMPAS.com - Nasir Morni awalnya tidak terpikir ingin punya motor chopper sampai akhirnya sekitar 2018 ditawari proyek mangkrak dari sang teman yang awalnya ingin membangun Honda CG110.

Karena ternyata murah, alhasil sasis dan mesin tahun 1977 itu pindah tangan. Nasir kemudian bertekad membangun motor tersebut sampai bisa jalan. Proyeknya dikerjakan sendiri di garasi rumah.

Baca juga: Finja 500 Kloningan Kawasaki ZX-10R Asal China

"Itu adalah waktu yang tepat untuk punya chopper dengan gaya tahun 60'an pertama saya," kata Nasir melansir Bikeexif, Rabu (16/9/2020).

Honda CG110 Chopper Foto: Bikeexif Honda CG110 Chopper

 

Nasir merupakan videographer dan juga skateboarder, dia tahu persis motor macam apa yang dia mau bangun. Karena dia juga pernah kerja di bengkel dia terbiasa dengan logam.

Nasir memulai dengan membangun sasis memakai pipa baja 26 mm. Setelah itu membuat side box dan sissy bar sesuai hitung-hitungannya.

Adapun menghemat biaya, pria asal Malaysia itu menggunakan komponen yang bisa dipakai.

Banyak komponen didapat dari junkyard dan motor donor yang tidak terpakai mulai dari pelek segitiga setang, tromol depan belakang dan setang.

Honda CG110 Chopper Foto: Bikeexif Honda CG110 Chopper

Motonya apapun yang bisa dipakai dan cocok adalah pilihan utama. “Setiap komponen yang bisa digunakan kembali, saya perbarui dan pasang kembali,” katanya.

Baca juga: Banyak yang Masih Salah Kaprah Bagaimana Cara Matikan Mesin Mobil

Footstep dan tuas pemindah gigi juga dibuat sendiri. Sebagai pemanis dia membuat dudukan buat menaruh skateboard di sisi kiri roda belakang.

Honda CG110 Chopper Foto: Bikeexif Honda CG110 Chopper

“Detail yang paling saya suka adalah elemen skateboard. Tumbuh dalam dunia skate menginspirasi saya untuk menambahkan sesuatu yang spesial,” katanya.

Mesin tidak banyak diutak-atik, hanya kepala silindernya memakai model dual port agar bisa pakai dua knalpot. Populasi Honda CG110 sebetulnya tidak terlalu banyak seperti saudaranya CB100.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X