Simak, Tidak Semua Bodi Mobil Bisa Dilapisi Stiker

Kompas.com - 16/09/2020, 17:01 WIB
Modifikasi Suzuki Ignis Rally Look Kompas.com/DonnyModifikasi Suzuki Ignis Rally Look

JAKARTA, KOMPAS.com - Melapisi bodi mobil dengan stiker pada seluruh bagiannya menjadi cara praktis untuk mengubah tampilannya secara signifikan. Namun, perlu diketahui juga bahwa tidak semua bodi mobil bisa diperlakukan seperti itu.

Stiker bodi di mobil tidak akan selamanya bisa terpasang. Bahkan, jika pemiliknya bosan, bisa saja dicopot sesuka hati.

Baca juga: Pasang Stiker, Bikin Ganteng Mobil Sekaligus Hindari Lecet

Tapi, saat mencopot stiker bisa saja malah menimbulkan masalah. Sering kali terjadi kasus, stiker meninggalkan bekas perekat atau malah cat ikut terkelupas saat pencopotan.

Komunitas Rally Look Indonesia ikut ramaikan Otobursa Tumplek Blek 2019Donny Dwisatryo Priyantoro Komunitas Rally Look Indonesia ikut ramaikan Otobursa Tumplek Blek 2019

Galih Sugiyanto, dari Pacman Sticker, mengatakan, pemilik seharusnya tahu tidak semua mobil bisa ditempeli stiker bodi. Menurutnya, semua tergantung bagaimana kondisi cat bodi saat awal pemasangan.

“Kalau cat masih orisinal, belum dicat ulang, nanti copot stiker bisa gampang. Cat atau pernisnya tidak akan terangkat,” ujar Galih, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenal Arti Stiker yang Ada di Kaca Bus

Galih menambahkan, jika cat masih orisinal atau bawaan pabrik, stiker bodi bisa bertahan hingga tiga tahun. Tapi, jika bodi sudah pernah dicat selain bawaan pabrik, bisa saja malah menimbulkan masalah.

"Risikonya, cat atau pernis terangkat karena terlalu rekat pada stiker," kata Galih

Menurut Galih, bengkel juga sepatutnya memberi peringatan kepada pemilik mengenai risiko pencopotan stiker bodi di mobil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X