Mobil yang Cocok Off Road buat Pemula, Taft dan Jimny

Kompas.com - 16/09/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi Suzuki Jimny Long model lawas Instagram/@okkeganiaIlustrasi Suzuki Jimny Long model lawas

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan off road bisa dijadikan hobi ketika sedang luang. Off road juga bisa menjadi kegiatan untuk mengenal dan menikmati alam bebas. Bagi yang baru ingin memulai hobi ini, apa saja yang harus dilakukan?

Pebalap Offroad Nasional, Julian Johan atau biasa disapa Jeje akan memberikan beberapa tips bagaimana memulai hobi off road ini untuk pemula, mulai dari pemilhan mobil, dan modifikasi apa saja yang bisa dilakukan.

“Rekomendasi saya untuk pemula, antara Suzuki Jimny atau Daihatsu Taft yang tahun 90an. Tinggal orang itu lebih suka diesel atau bensin, diesel bisa pilih Taft dan bensin pilih Jimny,” ucap Jeje kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Mengenal Kembali Pelat Nomor Dewa di Jalan Raya

daihatsu taftKompas.com/Fathan Radityasani daihatsu taft

Jeje mengatakan, kedua mobil ini sama-sama mudah untuk dipakai, apalagi bagi pemula, jadi tidak terlalu susah adaptasinya. Kemudian suku cadangnya banyak tersedia dan harganya murah, selain itu konsumsi bahan bakarnya relatif irit.

“Kalau kita ambil mobil yang sudah lama seperti tahun 90an atau 80an, yang paling penting adalah mengembalikan mobil ke kondisi sehat. Jadi rumus yang benar itu, sebelum kita modifikasi, harus direparasi dulu,” kata Jeje.

Mobil tersebut mesinnya dibuat sehat, kaki-kakinya sehat, setelah itu baru boleh kalau mau modifikasi. Bagi yang ingin memulai dengan mobil baru, tidak perlu memerhatikan beberapa hal, karena semuanya masih dalam kondisi yang baru.

Baca juga: Adu Fitur, Lebih Canggih Honda PCX atau Yamaha NMAX?

Jeje menambahkan, untuk memulai off road, tidak perlu modifikasi yang berlebihan, yang pertama dilakukan yaitu mengganti ban.

Modifikasi yang pertama yaitu ban, ukurannya juga enggak perlu yang terlalu besar dibanding ukuran aslinya, supaya tidak terlalu banyak bagian yang diubah,” kata dia.

Karena kalau ukuran bannya sudah terlalu besar dari standar, suspensinya harus dimodifikasi lumayan signifikan, belum lagi rasio gearnya harus diubah. Jadi rekomendasi untuk pemula, ukuran maksimal selisih ukurannya 1-2 inci lebih besar dari standar.

Ilustrasi pilihan ban dan pelek aftermarket buat Suzuki Jimny generasi keempat.response.jp Ilustrasi pilihan ban dan pelek aftermarket buat Suzuki Jimny generasi keempat.

“Berikutnya yaitu suspensi, kita bisa ganti dengan yang khusus off road. Biasanya suspensi ini memang lebih keras, tapi lebih nyaman untuk dipakai off road,” ucapnya.

Jeje menambahkan, untuk mesin standar tapi kondisinya sehat dan layak, itu sudah lebih dari cukup untuk dipakai off road. Jeje juga menyarankan, mesin tidak perlu dimodif, enggak perlu ditingkatkan tenaganya.

Baca juga: Mobil Matik Terparkir Lama Saat PSBB, Sebaiknya Posisi Transmisi di P atau N?

“Karena dengan begitu, ketika belajar off road akan lebih susah adaptasinya. Paling enak dengan mesin standar, jadi mobil lebih kepegang ketimbang yang tenaganya berlebihan,” tambah Jeje.

Penambahan aksesoris juga menyesuaikan, kalau mau fungsional, tidak perlu banyak-banyak, pasang yang memang terpakai saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X