Lagi Kasus Rem Blong Terjadi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kompas.com - 16/09/2020, 16:01 WIB
Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kasus kecelakaan yang terjadi belakangan ini tidak serta merta disebabkan oleh kelalaian pengemudi. Terutama bagi kendaraan bermuatan besar, kasus yang sering terjadi biasanya karena rem blong.

Seperti kecelakaan yang baru saja terjadi di Jalan Akses Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (15/9/2020).

Kecelakaan tersebut terjadi diduga karena rem truk yang tidak berfungsi dengan baik sehingga kehilangan kendali dan menabrak tiga kendaraan lainnya

Terkait hal tersebut, Training Director The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan, mengatakan pengendara yang terjebak diposisi ini pasti akan merasa panik. Pasalnya, kendaraan terus melaju dan tidak bisa diperlambat karena sistem rem yang mendadak tidak berfungsi.

Baca juga: Pahami Penyebab Lampu Mobil Berembun di Musim Hujan

Lanjut Marcell, mengatasi mobil yang alami rem blong adalah hal yang gampang-gampang susah. Selain jangan panik, bisa juga dengan mencoba menginjak pedal rem lagi karena kemungkinan rem mengalami vapor locking.

Kemudian, pengemudi juga bisa melakukan engine brake secara bertahap untuk menurunkan transmisi sehingga kecepatan mobil menjadi menurun.

Baca juga: Banyak yang Masih Salah Kaprah Bagaimana Cara Matikan Mesin Mobil

“Jika mobil masih jalan juga, coba untuk menggesekan mobil ke pembatas jalan atau apabila ada jalur penyelamat bisa digunakan,” kata Marcell belum lama ini kepada Kompas.com.

Kasus mobil penumpang yang mengalami rem blong, boleh dikatakan jarang terjadi, terutama buat kendaraan yang dirawat rutin di bengkel resmi. Kebocoran pada sistem rem hidrolis bisa terjadi karena faktor usia komponen.

Ketimbang mobil penumpang, rem blong memang lebih umum terjadi pada kendaraan komersial seperti truk atau bus yang dipaksa kerja terus-terusan tanpa diperhatikan kesehatan komponennya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X