Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2020, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai Motor Company telah meluncurkan generasi baru dari Tucson. Menariknya kompak SUV generasi keempat ini hadir dengan varian short wheelbase (SWB) dan long wheelbase (LWB) untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

All-New Tucson menjadi model penting bagi Hyundai lantaran SUV ini telah meluncur sejak 2004 dan mencatat penjualan secara global sebanyak 7 juta unit di seluruh dunia.

Thomas Schemera, Wakil Presiden Eksekutif, Kepala Divisi Produk Hyundai Motor Group, berharap Tucson yang menawarkan desain modern, kelengkapan fitur, dan pengendaraan dinamis sekaligus efisiensi bahan bakar lebih baik dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Bukan Mobil Berpelat Dewa, Ini Kendaraan yang Boleh Melintas di Bahu Jalan

Tampak samping Hyundai Tucson generasi terbaru.Hyundai Global Tampak samping Hyundai Tucson generasi terbaru.

“Kami sangat senang memperkenalkan all-new Tucson, model terbaru dalam transformasi SUV Hyundai,” ujar Schemera, dalam keterangan resmi (15/9/2020).

“Kendaraan ini menetapkan tolak ukur baru untuk inovasi di segmennya, yang menghadirkan perpaduan desain, teknologi, pengemasan, dan performa yang mengesankan,” katanya.

Rencananya, Tucson terbaru mulai dijual di Korea Selatan pada September sebagai model 2021. Sementara di pasar AS dan global, Tucson akan dikenalkan sebagai model 2022 yang akan dipasarkan pada semester pertama 2021.

Baca juga: Mobil Matik Terparkir Lama Saat PSBB, Sebaiknya Posisi Transmisi di P atau N?

Desain interior Hyundai Tucson generasi terbaru.Hyundai Global Desain interior Hyundai Tucson generasi terbaru.

Bicara soal dapur pacu, all-new Tucson menawarkan dua pilihan mesin. Pertama mesin bensin 2.500 cc bertenaga 190 ps atau setara 187 tk dan torsi 182 lb ft atau setara 246 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Kemudian terdapat mesin bensin 1.600 cc hybrid yang menghasilkan tenaga gabungan dengan motor listrik sebesar 230 ps atau setara 226 tk, serta torsi maksimal 258 lb ft atau setara 349 Nm.

All-New Tucson juga memiliki berbagai mode berkendara dan fitur yang memberikan kelincahan dan stabilitas di berbagai kondisi jalan.

Baca juga: PSBB Ketat Jakarta, Ini Jadwal dan Aturan Naik TransJakarta

Tampak belakang Hyundai Tucson generasi terbaru.Hyundai Global Tampak belakang Hyundai Tucson generasi terbaru.

Termasuk fitur keselamatan dan keamanan yang lebih lengkap dari sebelumnya, yang ditawarkan dalam paket Hyundai SmartSense, seperti Highway Driving Assist (HDA), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) dengan deteksi pejalan kaki, dan sebagainya.

Di interior, ragam fitur canggih juga sudah tersemat. Semisal head unit dengan deteksi NFC, head unit 8 inci yang sudah bisa Apple CarPlay dan Android Auto. Serta sajian sound system berkualitas racikan BOSE.

Walau demikian, di akhir keterangan resminya, Hyundai menyebutkan bahwa spesifikasi teknis serta kelengkapan fitur yang diusung all-new Tucson akan berbeda-beda di tiap Negara.

Semoga saja jika pembangunan pabrik Hyundai di Indonesia sudah rampung, SUV ini bisa hadir secara lokal dan dipasarkan dengan harga yang masuk akal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com