Mengenal Keluarga Kawasaki Ninja H2

Kompas.com - 16/09/2020, 09:22 WIB
Sosok Kawasaki Ninja H2R YoutubeSosok Kawasaki Ninja H2R

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki dikabarkan mau menyuntik mati Kawasaki Ninja H2R mulai Oktober mendatang. Motor terganas ''geng hijau'' itu akan setop produksi setelah lima tahun dipasarkan.

Kawasaki akan menerima pemesanan terakhir pada 20 September hingga 21 Oktober 2020. Kawasaki belum merinci rencana selanjutnya setelah menghentikan produksi H2R.

Baca juga: Kawasaki Z125 Pro Berubah Wujud Jadi Ninja H2 Mini

Selain Ninja H2R, Kawasaki punya dua varian lain yaitu Ninja H2 dan H2 SX. Ketiganya masih satu keluarga dan mengusung mesin serupa tapi beda peruntukan.

Kawasaki Ninja H2RKawasaki Kawasaki Ninja H2R

1. Ninja H2R

Kawasaki Ninja H2 R merupakan varian teratas Ninja H2. Motor ini tidak masuk Indonesia. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pernah berniat membawanya tapi disebut terhalang di uji tipe Kementerian Perindustrian.

Ninja H2R bukan untuk peruntukan jalan raya, motor ini hanya bisa digunakan di sirkuit. Karena itu motor tidak dilengkapi kelengkapan jalan raya street-legal, seperti spion, lampu, dan dudukan pelat nomor.

Spion besar kiri-kanan merupakan winglet untuk memaksimalkan aliran udara dan downforce. Selain spion, winglet alias aero body itu juga terdapat di fairing.

Ninja H2R dibekali dengan mesin berkapasitas 998 cc, 4-silinder, DOHC, dan supercharger. Tenaga H2R lebih besar dari H2R. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 326 tk pada 14.000 rpm dan torsi 155 Nm pada 12.500 rpm.

Motor ini diklaim sebagai motor terkencang di dunia dengan kecepatan maksimum mencapai lebih dari 337 kpj. 

Kawasaki Ninja H2 Carbon yang mirip H2RKawasaki Kawasaki Ninja H2 Carbon yang mirip H2R

2. Ninja H2

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X