Polisi Tindak di Tempat Pengendara Mobil dan Motor Tanpa Masker

Kompas.com - 16/09/2020, 07:22 WIB
Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, bersama kepolisian menggelar razia masker bagi pengendara sepeda motor di sejumlah ruas jalan protokol. Hasilnya, sebanyak 23 orang terjaring dan disanksi sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum selama 30 menit. istimewaPemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, bersama kepolisian menggelar razia masker bagi pengendara sepeda motor di sejumlah ruas jalan protokol. Hasilnya, sebanyak 23 orang terjaring dan disanksi sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum selama 30 menit.

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua di DKI Jakarta yang berlaku 14-25 September 2020, pengemudi kendaraan bermotor mendapat perhatian khusus kepolisian.

Pasalnya selama ini masih banyak yang tidak menggunakan masker selama beraktivitas. Warga yang kedapatan melanggar akan dikenakan denda hingga sanksi sosial.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penindakan para pelanggar PSBB Jakarta akan mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020.

Baca juga: Pidana dan Denda, Jadi Sanksi Pesepeda yang Terobos Tol Jagorawi

Petugas gabungan memberikan sanksi kerja sosial kepada warga yang tidak menggunakan masker di Simpang UI, Perbatasan Kota Depok - Jakarta, Sabtu (5/9/2020). Operasi masker tersebut dilakukan oleh petugas gabungan Jawa Barat dengan DKI Jakarta sebagai bentuk pengawasan dan penindakan bagi pelanggar protokol kesehatan COVID-19. ANTARA FOTO/Aspprilla Dwi Adha/pras.ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA Petugas gabungan memberikan sanksi kerja sosial kepada warga yang tidak menggunakan masker di Simpang UI, Perbatasan Kota Depok - Jakarta, Sabtu (5/9/2020). Operasi masker tersebut dilakukan oleh petugas gabungan Jawa Barat dengan DKI Jakarta sebagai bentuk pengawasan dan penindakan bagi pelanggar protokol kesehatan COVID-19. ANTARA FOTO/Aspprilla Dwi Adha/pras.

“Walaupun ini hari pertama pelaksanaan PSBB berdasarkan Pergub DKI Jakarta, tapi sudah tidak lagi dengan imbauan. Kita sudah mulai langsung dengan penindakan,” ujar Sambodo, dilansir dari laman Humas Polri (15/9/2020).

Menurutnya, Pergub tersebut mengatur beberapa hal. Salah satunya terkait pelanggar individu atau pengendara yang tidak memakai masker, baik motor maupun mobil akan ditindak dengan sanksi sosial hingga denda ratusan ribu rupiah.

“Kewajiban menggunakan masker selama di luar rumah. Termasuk juga di dalam kendaraan bermotor,” ucap Sambodo.

“Apabila ada yang tidak melaksanakan, tentu berdasarkan Pergub tersebut maka pelanggar PSBB itu ditindak dengan kerja sosial selama 60 menit pertama kali, dan denda Rp 250.000,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X