Dear Ladies, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mengganti Ban

Kompas.com - 09/09/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. afroautos.comIlustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kebiasaan yang kerap dilakukan banyak orang ketika mengganti ban mobil, yaitu menginjak batang kunci buat mengecangkan baut. Kebiasaan itu dinilai lebih banyak berdampak negatif ketimbang positif.       

Menginjak batang kunci, apalagi sampai berdiri lalu sambil diayunkan malah meningkatkan risiko cedera. Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, baut pada ban tidak perlu dikencangkan sampai seperti itu.

Baca juga: Rayakan Hari Jadi Ketiga, Komunitas Xpander Adakan Kopdar Online           

Pengendara WanitaStanly/Otomania Pengendara Wanita

Cara ini bisa jadi kerap dilakukan oleh perempuan buat mendapatkan tenaga tambahan untuk mengencangkan baut. Tapi menurut Anjar, dikencangkan pakai tenaga sendiri masih bisa dilakukan.

Baca juga: Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali                           

“Sebenarnya ada torsi standar maksimum dan minimum. Buat sampai ke maksimum itu tidak perlu diinjak, cukup dengan tangan pakai berat badan saja,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Dijelaskan Anjar, sebenarnya jika baut terlalu kencang tidak menyebabkan kendala buat pengoprasian mobil. Namun masalahnya, bakal sulit membuka baut yang sama jika mau mengganti ban lagi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X