Toyota Pangkas Varian dan Berikan Pilihan Airbag Yaris Facelift

Kompas.com - 09/09/2020, 09:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis pembaruan hatchback andalan, Yaris, yang dilakukan secara virtual, Selasa (8/9/2020). Beberapa sentuhan baru disematkan, baik dari ekterior, interior, teknis, sampai tambahan fitur.

Menariknya, kehadiran model facelift ini ternyata mengorbankan varian terbawah, yakni Tipe E yang sebelumnya tersedia di pasar. Toyota Yaris facelift baru ini hanya dipasarkan dalam dua varian, yaitu G dan TRD.

Namun, konsumen diberikan opsi yang lebih menarik lagi, yakni dengan menghadirkan pilihan jumlah perangkat airbag-nya, yaitu 3 atau 7 airbag pada dua varian tersebut.

Ketika menanyakan alasan mengapa Toyota menghilangkan Yaris Tipe E, Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, memang hal tersebut dilakukan karena melihat dari tren penjualannya yang selama ini ternyata lebih didominasi oleh G dan TRD.

Baca juga: Resmi Meluncur, Simak Perbedaan New Yaris dengan Yaris Lama

Toyota Yaris Facelift 2020TAM Toyota Yaris Facelift 2020

"Setelah kita lihat, sepertinya Tipe E ini tanggapan dari konsumen tidak terlalu banyak, relatif kecil jadi kita coba perkuat segmen yang atas. Jadi sebelum minor change ini, TRD itu porsinya cukup besar mungkin 70-80 persen, jadi sekarang kita buat grade strateginya berbeda kita mulai dari Tipe G yang mungkin jumlahnya sekitar 20-30 persen, setelah itu TRD," ucap Anton saat sesi tanay jawab virtual, Selasa (8/9/2020).

Lebih lanjut Anton menjelaskan, untuk pilihan 3 airbag dan 7 airbag pada Tipe G dan TRD disediakan sebagai pembeda stratanya.

Selain itu juga berguna untuk memberikan opsi yang lebih bervariasi bagi calon konsumen Yaris facelift dalam menentukan tipe mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Namun demikian, bila melihat selisih harga antara pilihan 3 airbag dan 7 airbag ternyata cukup tipis, yakni sebesar Rp 5 juta. Lantas apakah hal tersebut cukup efektif menjadi pembeda stratanya.

Baca juga: Toyota New Yaris Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 260 Jutaan

Toyota Yaris terbaru resmi diluncurkan di Indonesia.TAM Toyota Yaris terbaru resmi diluncurkan di Indonesia.

Menjawab hal tersebut, Anton mengatakan berdasarkan studi, beda harga Rp 5 juta sebenarnya sudah mempengaruhi atau menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen di Indonesia. Karena itu, meski selisihnya terlihat tipis, tapi akan ada konsumennya sendiri-sendiri.

"Buat Toyota melihat beda harga Rp 5 juta bagi konsumen sudah signifikan sebenarnya, tapi balik lagi, artinya kebutuhan konsumennya nanti seperti apa. Apakah mereka ambil yang full spec dengan 7 airbag atau yang 3," kata Anton.


Berikut harga Yaris Facelift ;

G M/T 3 AB Rp 263.400.000
G M/T 7 AB Rp 268.400.000
G CVT 3 AB Rp 274.200.000
G CVT 7 AB Rp 279.200.000
TRD M/T 3 AB Rp 284.800.000
TRD M/T 7 AB Rp 289.800.000
TRD CVT 3 AB Rp 296.400.000
TRD CVT 7 AB Rp 301.400.000

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.