Setelah Monkey Z125, Honda Siapkan Generasi Baru Gorilla dan Dax 125

Kompas.com - 05/09/2020, 11:41 WIB
Honda Gorilla dan Dax 125 generasi baru Foto: Young MachineHonda Gorilla dan Dax 125 generasi baru
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Honda Monkey Z125, pabrikan dengan logo sayap pengepak itu dikabarkan sedang menyiapkan generasi baru dua mini bike legendaris, Honda Gorilla dan Honda Dax 125.

Honda Gorilla dan Dax merupakan salah satu motor kecil legendaris Honda selain Monkey. Penggemarnya tersebar di seluruh dunia, dan kini unit-unitnya merupakan ''motor mainan'' pehobi roda dua.

Dilihat dari gambar yang ada terlihat baik Honda Gorilla dan Dax 125 generasi baru ini tetap mengusung skema seperti generasi sebelumnya. Gorilla dengan tangki kembung dan Dax dengan sasis yang gemuk.

Baca juga: Monkey Z125 Tracker, Simpel Tapi Kena

Rendering generasi baru Honda Gorilla 125Foto: Young Machine Rendering generasi baru Honda Gorilla 125

Dari gambar dapat dilihat bahwa komponen yang dipakai tidak beda jauh dengan Monkey Z125. Artinya beberapa spek mulai dari ban, suspensi, mesin dan rangka akan serupa. Kecuali sasis Dax yang memang berbeda.

Tentu saja ini masih rumors dan belum ada konfirmasi kapan akan meluncur. Tapi melihat gelagat Honda yang menghidupkan Super Cub C125, Monkey Z125 dan CT12, maka Gorilla dan Dax 125 sangat mungkin menyusul.

Sekilas mengenai Honda Gorilla merupakan salah satu varian dari Monkey. Honda Monkey pertama kali mengusung kode Z50. Tapi Honda tidak diproduksi hanya satu seri saja, masih ada seri lainnya yaitu Z50A, Z50J, Z50M, Z50R, sampai ZB50.

Honda Dax generasi baruFoto: Young Machine Honda Dax generasi baru

Baca juga: 8 Pilihan Motor Mini yang Beredar di Indonesia

Di antara itu semua, ada satu seri spesial yang tidak dijuluki dengan Monkey, melainkan Honda Gorilla, yakni Z50J-III.

Adapun Honda Dax atau ST70 dipasarkan cukup luas. Motor mini ini tak hanya dijual di Jepang, tapi juga meluncur di Eropa, Kanada, dan Amerika.

Untuk Jepang dan Eropa, motor ini lebih dikenal dengan Honda Dax, termasuk di Indonesia. Sedangkan di Amerika Utara seperti di Kanada dan Amerika, disebut dengan Trail 70.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X