AMMDes Hasil Inovasi Anak Bangsa, TKDN Capai 40 Persen

Kompas.com - 05/09/2020, 10:40 WIB
AMMDes siap diekspor ke-49 negara AMMDes siap diekspor ke-49 negara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian menyebut bahwa pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) menjadi bukti nyata hasil inovasi anak bangsa yang berkesinambungan membangun negeri.

Tentunya, hal ini juga sekaligus mempertegas komitmen pemerintah dalam membangun produk inovatif dalam negeri guna mendongkrak daya saing agar kompetitif di kancah domestik hingga global.

“AMMDes merupakan alat multifungsi yang bisa membantu hampir semua pekerjaan dan kebutuhan mekanis masyarakat pedesaan. Saat ini, Tingkat Komponen Dalam Negeri ( TKDN) mencapai lebih dari 40 persen dan diproduksi langsung di dalam negeri,” kata Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier di Jakarta, Jumat (4/9).

Beberapa aplikasi AMMDes yang telah diciptakan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat, di antaranya berfungsi sebagai perontok multiguna, pengupas gabah, pemoles beras, pompa irigasi, pengolah kopi, pembangkit listrik, penjernih air, pembuat es, pasca-panen pisang, pengumpan ambulans (ambulance feeder).

Bahkan, telah dirilis AMMDes dengan aplikasi water tank dan firefighter yang dapat digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan. Aplikasi ini dirancang untuk mencegah penyebaran virus korona baru (Covid-19).

“Keberadaan AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah. Hal ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,” ucap Taufiek.

Baca juga: Kemenperin Harap Aturan Kendaraan Listrik Berlaku 2021

Kendaraan AMMDes yang disulap jadi mobil ambulance untuk membawa pasien terkena gejala virus corona.Dokumentasi Humas Kementerian Perindustrian Kendaraan AMMDes yang disulap jadi mobil ambulance untuk membawa pasien terkena gejala virus corona.

Sementara menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika, AMMDes merupakan alat multifungsi yang dapat membantu hampir semua pekerjaan dan kebutuhan mekanis masyarakat pedesaan.

Sehingga, memiliki potensi untuk mendistribusikan hasil produksi pedesaan yang tak memerlukan volume besar. Adapun TKDN dari AMMDes sendiri kini diklaim sudah lebih dari 40 persen.

Di antaranya,, berfungsi sebagai perontok multiguna, pengupas gabah, pemoles beras, pompa irigasi, pengolah kopi, pembangkit listrik, penjernih air, pembuat es, pasca-panen pisang, pengumpan ambulans (ambulance feeder).

Baca juga: Besok Naik, Ini Simulasi Tarif Baru Tol dari Jakarta ke Bandung

AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 AMMDes Listrik di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019

“Keberadaan AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah. Hal ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa,” katanya lagi.

Guna memacu inovasi produk AMMDes, Kemenperin menggandeng PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes serta National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) untuk kembali menggelar kompetisi “Kemenperin AMMDes Digimodz”.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X