Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Ungkap Alasan Gunakan Civic Type R di HRSC

Kompas.com - 05/09/2020, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan bahwa penggunaan Civic Type R dalam ajang Honda Racing Simulator Championship (HRSC) 2020 bukan tanpa alasan.

Di samping tampilan yang sarat akan jiwa sporty dibalut dengan berbagai kecanggihannya, pemilihan ini juga tak lepas dari performa yang dihasilkan oleh mobil.

"Civic Type R memiliki tampilan dan performa yang khas untuk balap, jadi kami tidak perlu meragukannya lagi. Selain itu, mobil ini juga pernah memecahkan rekor di Sirkuit Nurburging, Jerman," ujar Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy, Jumat (4/9/2020).

Baca juga: New Toyota Yaris Meluncur Minggu Depan, Kapan Honda Jazz?

Honda Racing Simulator Championship (HRSC)HPM Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Menurut Yusak, pada sirkuit ternama dalam ajang adu kecepatan tersebut, rekor yang berhasil dicapai Civic ialah dengan catatan waktu sekitar 7 menit.

Selain itu, Civic Type R Limited Edition juga baru memecahkan rekor dengan kendaraan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang. Catatan waktu mobil ini sekitar 23.993 detik untuk satu putaran.

Kendati demikian, Yusak mengungkapkan, HRSC nantinya tidak hanya menggunakan Civic Type R, melainkan jajaran model lain dari mobil Honda yang kental dengan unsur balap.

"Ke depannya kami akan memakai mobil lain, karena sekarang kan Type R juga cocok untuk balap dan mobil ini juga berhasil memecahkan rekor. Namun, nantinya, akan kami gunakan mobil Honda lainnya," katanya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mendeteksi Odomoter Digital yang Pernah Diakali?

Honda Racing Simulator Championship (HRSC)HPM Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Sebagai informasi, HRSC 2020 baru saja mengumumkan juara di kelas Profesional dan juga kelas Amateur dengan total hadiah Rp 65 juta.

Andika Rama Maulana keluar sebagai pemenang di kelas Profesional dengan total 141 poin, diikuti Jaka Siswoyo (125 poin) dan Ferris Stanley (100 poin).

Sementara pada kelas Amateur didominasi oleh Riyan Adisaputra dengan 111 poin. Raditya Hendarmo di posisi kedua berhasil mengumpulkan 96 poin, dan Alfan Dani 87 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com