8 Pilihan Motor Mini yang Beredar di Indonesia

Kompas.com - 28/03/2020, 08:22 WIB
Deretan motor mini Kompas.com/DonnyDeretan motor mini

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor mini atau motor yang memiliki dimensi kecil tergolong ke dalam motor hobi. Pilihan motor ini di Indonesia juga sebenarnya, relatif cukup banyak.

Namun, kebanyakan yang beredar di Indonesia masuk melalui importir umum. Sedikit sekali Agen Pemegang Merek (APM) yang memasarkan motor kontet di Tanah Air. Berikut pilihan motor kontet yang ada di Indonesia:

Baca juga: Eksistensi Komunitas Motor Mini Buat Kalangan Pehobi

Honda Monkey di GIIAS 2019Kompas.com / Setyo Adi Honda Monkey di GIIAS 2019

1. Honda Monkey Z125
PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan motor mungil ini di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Motor ini merupakan generasi terbaru dari seri Z. Jika generasi sebelumnya, Z50, Monkey yang satu ini adalah Z125.

Z125 dibekali mesin berkapasitas 125 cc yang mampu hasilkan tenaga hingga 6,9 kW pada putaran 7.000 rpm. Motor ini sudah lebih modern, karena sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi.

Honda Monkey  50th Anniversaryindianautosblog.com Honda Monkey 50th Anniversary

2. Honda Monkey Z50
Berbeda dengan Z125, Z50 yang merupakan pendahulunya masih menggunakan karburator. Motor ini dibekali mesin dengan kapasitas hanya 50 cc. Tenaganya sendiri hanya 2,3 kW pada putaran 8.500 rpm.

Monkey lawas ini termasuk motor yang bertahan lama. Produksinya dimulai pada Maret 1964 dan baru dihentikan produksinya pada 2017. Untuk beberapa tipenya, ada juga yang disebut dengan Honda Gorilla.

Baca juga: Mobil Jarang Dipakai Bisa Cepat Rusak, Mitos atau Fakta?

Honda Dax KOMPAS.com/Gilang Satria Honda Dax

3. Honda Dax / ST70
Honda ST70 dipasarkan cukup luas. Motor mini ini tak hanya dijual di Jepang, tapi juga meluncur di Eropa, Kanada, dan Amerika. Untuk Jepang dan Eropa, motor ini lebih dikenal dengan Honda Dax, termasuk di Indonesia. Sementara di Kanada dan Amerika, disebut dengan Trail 70.

Motor yang diproduksi mulai 1969 hingga 1981 ini dibekali mesin 4-tak berkapasitas 72 cc. Mesinnya mampu keluarkan tenaga hingga 6,0 tk pada 9.000 rpm. Kecepatan tertingginya diklaim mencapai 75 kilometer per jam.

Honda MotocompoWikipedia Honda Motocompo

4. Honda Motocompo
Motocompo adalah skuter matik (skutik) yang sangat unik, karena bisa dilipat dan dimasukkan ke bagasi. Makanya, skutik ini juga dijuluki dengan Trunk Bike.

Awalnya, Motocompo adalah bonus atau gratisan ketika orang membeli Honda City. Namun, seiring berjalannya waktu, akhirnya motor ini juga dijual sendiri, tidak lagi menjadi bonus.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X