4 Fakta Menarik Seputar Ban Balap Motor MotoGP

Kompas.com - 27/08/2020, 13:22 WIB
Fakta menarik seputar ban balap MotoGP Boxrepsol.comFakta menarik seputar ban balap MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih ban yang tepat sering kali menjadi faktor penentu kemenangan para pebalap MotoGP. Ada beberapa fakta menarik seputar ban balap MotoGP.

Dikutip dari boxrepsol.com, sebelum balapan dimulai, semua pebalap akan bertemu timnya untuk memilih di antara tiga kompon yang disediakan oleh Michelin. Satu kompon untuk balapan di trek kering dan dua lainnya untuk trek basah.

Baca juga: Berapa Tekanan Udara Ban pada Motor MotoGP?

Totalnya, setiap kotak terdiri dari 33 ban, yakni 22 ban untuk trek kering dan 11 ban untuk trek basah. Semua ban tersebut yang digunakan untuk balapan. Ada 4 fakta menarik pada ban Michelin untuk MotoGP ini.

Fakta menarik seputar ban balap MotoGPBoxrepsol.com Fakta menarik seputar ban balap MotoGP

1. Tekanan

Ban harus dijaga tekanan udaranya sesuai dengan rekomendasi Michelin, baik untuk menjaga keselamatan pebalap dan memberikan performa maksimal.

Setiap ban akan diberikan sensor di tiap sisinya, yakni sisi kanan, sisi tengah, dan sisi kiri. Tujuannya untuk menjaga tekanan tetap terjaga sesuai dengan batas yang diizinkan.

Umumnya, batas yang diberikan adalah 2 bar (29 psi) untuk ban depan dan 1,8 bar (26,1 psi) untuk ban belakang.

Baca juga: Kenapa Pebalap MotoGP Menurunkan Kakinya Saat Akan Menikung?

Tekanan yang rendah menghasilkan kontak yang lebih baik dengan aspal. Tapi, dampaknya akan memengaruhi stabilitas motor dan membuat temperatur ban meningkat. Sedangkan tekanan yang terlalu tinggi, dapat mengurangi cengkraman ban.

Fakta menarik seputar ban balap MotoGPBoxrepsol.com Fakta menarik seputar ban balap MotoGP

2. Temperatur

Agar ban balap bisa mendapatkan performa yang optimal, ban tersebut harus mencapai temperatur tertentu agar bisa mencengkram aspal dengan baik.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Box Repsol
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X