Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Sebut Dokter Melakukan Kesalahan pada Operasi Tangannya

Kompas.com - 27/08/2020, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez masih dalam proses penyembuhan. Pebalap asal Spanyol tersebut harus menjalani dua kali operasi untuk tulang lengannya yang patah.

Operasi pertama dilakukan segera setelah insiden kecelakaan. Dokter Xavier Mir yang dipercaya untuk menangani Marquez menyambung tulang yang patah tersebut dengan pelat titanium.

Baca juga: Marquez Sedih Hanya Bisa Nonton Balap dari Sofa

Dokter Mir juga sempat mengatakan Marquez bisa mencoba untuk balapan kembali. Namun, lengan yang baru dioperasi tersebut malah membengkak dan Marquez memutuskan untuk tidak balapan.

Juara dunia MotoGP, Marc Marquez, menunjukkan perban di lengan kanannya pascamenjalani operasi untuk membenahi retak tulang humerus yang ia derita setelah kecelakaan highside pada MotoGP Spanyol, seri pembuka Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.TWITTER.com/marcmarquez Juara dunia MotoGP, Marc Marquez, menunjukkan perban di lengan kanannya pascamenjalani operasi untuk membenahi retak tulang humerus yang ia derita setelah kecelakaan highside pada MotoGP Spanyol, seri pembuka Kejuaraan Dunia MotoGP 2020.

"Setelah operasi pertama, kami mengikuti rekomendasi semua dokter, yang memberi ketenangan untuk bisa kembali ke atas motor, tapi tidak berjalan seperti itu. Saya tetap memercayai dr. Mir, karena semua orang bisa melakukan kesalahan," ujar Marquez, dikutip dari GPone.com.

Beberapa waktu kemudian, pelat titanium tersebut patah saat Marquez membuka jendela kamarnya. Dia pun harus menjalani operasi kembali.

Pebalap dengan nomor start 93 tersebut akhirnya memutuskan untuk beristirahat total hingga benar-benar siap untuk kembali balapan.

Baca juga: Reaksi Rossi, Dovizioso, dan Zarco Soal Absennya Marc Marquez

"Pelat tersebut tidak bertahan seperti yang dokter perkirakan. Itu sebuah kesalahan, tapi jika melihat ke belakang, mudah bagi orang untuk menilai," kata Marquez.

Marquez menambahkan, dirinya adalah yang pertama memercayai dr. Mir untuk operasi kedua. Sebab, dirinya telah menjalani ribuan operasi dan semuanya berjalan baik.

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Pernyataan Marquez tersebut juga sekaligus menepis kabar bahwa dirinya selalu memaksakan diri untuk bisa kembali balapan secepatnya.

Marquez mengatakan, butuh waktu untuk pemulihan. Dia pun menerima kenyataan jika gelar juara dunia musim ini tidak bisa diraihnya. Baginya, yamg terpenting sekadang adalah untuk sembuh dan kembali sekuat mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com