Jangan Sembarangan Cuci Ruang Mesin Mobil

Kompas.com - 27/08/2020, 14:41 WIB
Posisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir WikipediaPosisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari ruang mesin pada mobil kerap menjadi sarang debu dan kotoran. Apalagi bila sudah ada bekas oli yang membuat debu mudah melekat.

Bila didiamkan terlalu lama, kondisi tersebut membuat ruang mesin menjadi kusam dan tak terawat. Salah satu cara untuk membersihkan adalah dengan mencuci ruangan tersebut, namun ketika akan melakukannya, pemilik mobil harus ekstra hati-hati.

Baca juga: IOOF 2020 Masuki Hari Kedua, Mobil Apa yang Akan Di-Unboxing Hari Ini

“Mencuci ruang mesin harusnya tidak menjadi masalah, tapi lebih baik dilakukan oleh jasa cuci mobil yang memang sudah berpengalaman. Karena sebagaian rangkaian kelistrikan ada diruang mesin,” ucap Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.Wikipedia Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.

Menurut Sapta, potensi debu saat menggunakan mobil sehari-hari memang tidak bisa dihindari. Apalagi saat musim hujan, kotoran dari genangan air yang membawa serpihan debu pun bisa terbawa masuk sehingga terjadi penumpukan.

Baca juga: Pahami Perbedaan Ban Vulkanisir dan Suntikan

Bila memang pemilik mobil ingin membersihkan sendiri ruang mesin, sebaiknya jangan langsung menyiram air. Sapta mengatakan akan lebih baik bila dilakukan dengan mengelapnya menggunakan kain penyerap air.

“Pakai yang bisa menyerap air, itu dilap saja pada bagian yang kotor-kotor jangan langsung semprot dengan air. Bila memang kondisinya sudah kotor sekali, lebih baik memang dicuci, tapi cari yang memang profesional,” tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X