Berikut Perilaku yang Bisa Menggugurkan Garansi Resmi Mobil

Kompas.com - 27/08/2020, 13:41 WIB
Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki                  SISIlustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Garansi kendaraan bermotor merupakan jaminan kualitas atas tiap produk kendaraan yang dibeli oleh konsumen dari diler resmi.

Biasanya, jaminan kualitas untuk setiap produk yang ditawarkan oleh agen pemegang merek (APM) hingga pemakaian 36 bulan atau jarak tempuh 100.000 kilometer.

Sehingga, bila ada kerusakan dalam jangka waktu tersebut pemilik berhak melakukan klaim untuk dilakukan perbaikan.

Menggugurkan garansi

Namun seiring dengan penggunaan, ternyata ada hal-hal yang dapat menggugurkan garansi resmi, seperti prilaku absen melakukan perawatan berkala di bengkel resmi sampai modifikasi.

Baca juga: Mengapa Jadwal Servis Pertama pada Mobil Baru Penting?

Ilustrasi bengkel mobil di diler Honda MegatamaIstimewa Ilustrasi bengkel mobil di diler Honda Megatama

"Merawat kendaraan di bengkel resmi secara berkala adalah keharusan karena pengerjaan dilakukan sesuai standar dan prosedur. Sehingga, bila ada kerusakan pada mobil bengkel bisa mendeteksinya lebih dini dan melakukan perbaikan secara tepat," kata Head of 4W Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales, Totok Yulianto.

"Kalau tidak melakukan perawatan berkala sesuai waktu yang ditentukan oleh bengkel resmi atau pemakaiannya tidak sesuai buku petunjuk, garansi bisa gugur," lanjut Totok.

Suku cadang

Kemudian, garansi juga akan hangus bila mobil mengalami kerusakan akibat penggunaan suku cadang yang tidak original atau modifikasi di luar standar.

Baca juga: Simak Keuntungan Ban Berisi Nitrogen saat Panas Terik

Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki                SIS Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki

"Perubahan pada mesin, bodi, parts, kelistrikan, nomor rangka dan mesin atau hal lainnya yang tidak sesuai standar apalagi dilakukan di luar bengkel resmi bisa membuat garansi hilang," ujar Totok.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X