Kemenhub Mau Operasikan Bus Listrik Canggih di Bali

Kompas.com - 27/08/2020, 07:42 WIB
Ilustrasi Trolleybus https://www.sustainable-bus.com/Ilustrasi Trolleybus
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) sedang merencanakan pembangunan sistem sarana transportasi modern di Bali.

Rencana tersebut bahkan digadang-gadang bakal menjadi pilot project untuk percontohan untuk ibu kota baru.

Proyek sarana transportasi tersebut meliputi kelengkapan armada bus, khususnya di bandara sampai lokasi wisata yang rawan kemacetan akibat maraknya penggunaan kendaraan pribadi di Pulau Dewata.

Menariknya, bukan hanya bus biasa yang digunakan, melainkan bus listrik atau trolleybus, bahkan sampai yang berteknologi  autonomous alias bergerak tanpa sopir.

Baca juga: Karoseri Mulai Kurangi Modifikasi Sasis Bus

Pembahasan dan evaluasi

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani mengatakan, saat ini semuanya masih dalam tahap pembahasan dan evaluasi, terutama untuk penerapan bus swakemudi tersebut.

"Statusnya baru rencana karena masih harus evaluasi menyeluruh dulu apakah bisa diterapkan atau tidak. Kita sudah melakukan survei awal untuk arah utara ke selatan, tapi koridornya belum fix karena tidak bisa pakai jalan yang lama," ucap Yani kepada Kompas.com, Rabu (26/8/2020).

Ilustrasi autonomous buswww.straitstimes.com Ilustrasi autonomous bus

Menurut Yani, jalur lama antara Bali utara dan selatan tidak memungkinkan dari garis arah atau alignment-nya, baik itu vertikal maupun horizontal.

Namun, untuk lokasi di dalam kota, seperti dari Bandara menuju Central Park atau kawasan Kuta masih memungkinkan.

Bus otonom

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X