Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Larangan Mudik, Kemenhub Antisipasi Libur Idul Adha

Kompas.com - 29/07/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pandemi Covid-19 masih mengancam, namun dipastikan Idul Adha, Jumat (31/7/2020), tidak ada pelarangan mudik dari pemerintah. Kepastian itu disampaikan baik dari kepolisian,  juga disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Budi menjelaskan tidak ada kebijakan pelarangan mudik seperti pada Idul Fitri lalu. Karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhun) sudah melakukan langkah antisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas serta lonjakan penumpang transportasi umum.

"Kami telah lakukan antisipasi di simpul-simpul transportasi, di jalan-jalan nasional dan tol, dan di daerah wisata yang diprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan karena long weekend, mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu," ujar Budi dalam keterangan resminya, Selasa (28/7/2020).

Baca juga: Arus Mudik Idul Adha Diprediksi Ramai, Polisi Siapkan Pengamanan

Budi mengatakan, pihaknya juga telah meminta pihak operator transportasi umum untuk bersama-sama menciptakan suasanan yang aman dan produktif. Hal ini juga berarti transportasi yang berkeselamatan dan berkesehatan, mulai dari area keberangkatan, dalam perjalanan, hingga di tujuan.

Calon penumpang bersiap naik bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/4/2020). Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melarang mudik lebaran 2020 di tengah pandemi COVID-19 mulai 24 April guna mencegah perluasan penyebaran COVID-19 di wilayah Indonesia.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Calon penumpang bersiap naik bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (24/4/2020). Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk melarang mudik lebaran 2020 di tengah pandemi COVID-19 mulai 24 April guna mencegah perluasan penyebaran COVID-19 di wilayah Indonesia.

Kemenhub juga mengklaim sudah berkomitmen dengan jajaran pemangku kepentingan di sektor transportasi untuk menyediakan sarana yang aman dan sehat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara terkait dengan kriteria dan persayratan perjalanan orang, Budi mengatakan masih mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020.

"Kami berupaya membangun kepercayaan masyarakat agar merasa percaya diri menggunakan transportasi publik. Beberapa waktu lalu saya sempat meninjau sejumlah simpul transportasi di Jakarta, Tangerang, Merak, Solo, Jogja dan penerapan protokol kesehatannya cukup baik," ucap Menhub.

Baca juga: Polisi Sebut Tak Ada Larangan Mudik Idul Adha

Budi mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pada saat menggunakan transportasi publik.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

 

Protokol kesehatan yang perlu dijalankan adalah memakai masker dan pelindung wajah (faceshield), menjaga jarak, sering mencuci tangan atau hand sanitizer, memastikan telah melakukan rapid test/PCR dengan hasil non reaktif atau negatif untuk transportasi umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com