Semua Motor MotoGP Tanpa Pakai ABS, Ini Alasannya

Kompas.com - 25/08/2020, 10:42 WIB
Fabio Quartararo Fabio Quartararo

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP memakai fitur dan teknologi paling canggih. Tapi ada satu teknologi yang tidak dipakai, yaitu sistem rem Anti-lock Brake System (ABS).

Ada beberapa alasan mengapa ABS tidak dipakai, setidaknya ada tiga. Pertama MotoGP adalah kompetisi adu keterampilan, kedua pebalap tidak butuh ABS, dan ketiga dilarang oleh FIM.

Teknisi Brembo Lorenzo Bortolozzo yang diwawancarai CycleWorld mengatakan, ABS memang berguna untuk motor jalan raya agar mencegah rem terkunci tapi mubazir di motor balap.

Baca juga: Kenapa Pebalap MotoGP Menurunkan Kakinya Saat Akan Menikung?

Valentino Rossi saat latihan bebas di MotoGP Austria 2020Yamahamotogp Valentino Rossi saat latihan bebas di MotoGP Austria 2020

"ABS cocok untuk jalan raya tapi dalam balapan harus pebalap yang mengontrol. Mungkin ABS akan lebih aman, tapi balapan adalah ujian buat pebalap," kata Bortolozzo dalam wawancara 2014, dikutip Senin (24/8/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan ABS tidak dipakai karena tidak terlalu penting. Saat balapan jarang sekali atau bahkan tidak ada kejadian yang menuntut pebalap harus mengerem mendadak sampai berhenti.

Kedua, pebalap memang tidak butuh ABS. Saat balapan, para pebalap MotoGP sering melakukan late braking atau hard braking untuk menyusul lawan saat mau masuk tikungan.

Pebalap MotoGP pasti sudah mengukur titik pengereman dengan baik. Keterampilan mengerem pebalap MotoGP pun di atas pengendara atau pebalap motor di kelas lainnya.

Dua tombol tambahan pada Ducati Desmosedici GP20@offbikes Dua tombol tambahan pada Ducati Desmosedici GP20

Baca juga: Seberapa Penting Fungsi Sensor Temperatur Ban di Motor MotoGP?

Late braking artinya mengerem dengan keras dan sedekat mungkin dengan tikungan. Jika memakai ABS maka hal itu sulit dilakukan sebab motor bisa "ngeloyor" mencegah rem terkunci.

Ketiga yaitu peraturan dari FIM. Hal itu tertuang dalam Federasi FIM World Championship Grand Prix Regulations di dalam poin 5 yang mengatur tentang regulasi rem.

Campur tangan elektronik termasuk sistem ABS tidak diizinkan di motor MotoGP, sebab input pengereman motor harus dilakukan dan dikendalikan secara manual oleh pebalap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.