Kompas.com - 23/08/2020, 08:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comAmbulans merupakan salah satu dari jenis kendaraan yang mendapat prioritas di jalan. Pengemudi hendaknya memberikan jalan seluasnya bagi ambulans agar bisa melaju tanpa hambatan.

Sebab masih banyak pengemudi yang kurang peka dengan kehadiran ambulans di jalan. Seperti video yang tengah viral media sosial.

Sebuah Nissan Juke terlihat bergerak lamban menghalangi ambulans meski suara sirene sudah meraung dari kejauhan.

Baca juga: Mengapa Tameng Kaca Bus Hanya Terpasang di Depan?

Disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di Pondok Indah, Jakarta Selatan, sekitar Kamis (20/8/2020) malam.

Salah seorang dari mobil ambulans terlihat marah dan menghampiri mobil yang menghalangi. Begitu juga dengan warga sekitar yang berusaha memperlancar arus.

Kendaraan pribadi yang menghalangi laju ambulans nyatanya bisa diancam hukuman pidana. Pengemudi seharusnya tidak menghambat petugas kesehatan yang tengah berjuang demi nyawa seseorang.

Baca juga: Ini PO yang Sering Kustom Bodi Bus, Bentuknya Unik-unik

Ilustrasi kondisi gawat darurat medis.Shutterstock Ilustrasi kondisi gawat darurat medis.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, pengemudi yang menghalangi laju ambulans bisa dikenakan sanksi.

“Kendaraan tersebut dapat ditilang dan dikenai Pasal 287 ayat 4 dikarenakan pelanggaran tidak memberikan prioritas kepada ranmor yang memperoleh hak utama,” ujar Sambodo, dalam laman Humas Polri.

“Diancam kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000 pada kendaraan tersebut,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.