Ini PO yang Sering Kustom Bodi Bus, Bentuknya Unik-unik

Kompas.com - 22/08/2020, 14:22 WIB
Double decker adi putro instagram/adiputro_officialDouble decker adi putro

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan kustomisasi atau kustom tidak hanya dilakukan pada kendaraan kecil, melainkan juga ada di bus. Salah satu perusahaan otobus (PO) yang suka meng-kustom busnya, yaitu PO Rosalia Indah.

PO Rosalian Indah melakukan kustom pada beberapa armada miliknya. Kustomisasi yang dilakukan bertujuan agar tampilan busnya sedikit berbeda dengan PO bus lainnya. Ubahan yang dilakukan ada pada bagian detail eksterior.

Misalnya pada armada double decker miliknya yang memakai bodi Jetbus 3+ Super Double Decker (SDD) dari karoseri Adiputro. Berbeda dengan bodi Jetbus 3+ SDD pesanan PO bus lain, PO Rosalia Indah meminta ditambahkan detail eksterior yang berbeda.

Baca juga: Penjualan SUV Ladder Frame Juli 2020, Fortuner Salip Pajero Sport

Bus AKAPfastrans22.blogspot.com Bus AKAP

Detail yang berbeda ada pada bagian selendang, PO Rosalia Indah meminta model yang lama, tidak memakai model baru yang diberi julukan Voyager.

Selendang yang lama ini mirip dengan yang dipasang pada Jetbus 2+ SDD, namun dibuat lebih pendek, tidak sampai kaca bawah.

Kemudian tidak hanya bodi buatan Adiputro, PO asal Palur, Jawa Tengah ini juga menggunakan bodi Legacy dari karoseri Laksana. Biasanya bodi Legacy SR2 memiliki ciri khas desain yang floating roof atau atap mengambang.

Namun PO Rosalia Indah meminta karoseri Laksana agar mengecat pilar yang biasanya warna hitam, menjadi sewarna dengan bodinya. Dengan melakukan hal itu, desain floating roof pada bus menjadi menghilang.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Ini Perbedaan Antara Torsi dan Tenaga

Begitu juga pada bodi bus Avante H8 dan H9 dari karoseri Tentrem. Pilar bodi yang biasa berwarna hitam, dicat sewarna dengan bodinya. PO Rosalia Indah juga dulu pernah kustom bodi bus yang seharusnya untuk sasis mesin depan, menjadi untuk mesin belakang.

Bodi tersebut merupakan Max HDD yang biasanya dibuat untuk bus besar mesin depan, diganti untuk mengakomodir sasis bus mesin belakang.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, kalau bodi tersebut merupakan keinginan pemilik PO Rosalia Indah.

Bus AKAP Rosalia IndahPinterest Bus AKAP Rosalia Indah

“Jadi Pak Roso lebih suka desain Max HDD daripada Avante saat itu. Jadi minta basic Max HDD namun pada interiornya pakai model Avante,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

Selain ubahan posisi mesin, bodi Max HDD ini juga dipasangi selendang model Setra yang biasa digunakan pada bodi bus buatan Adiputro. Padahal Max HDD memiliki model selendangnya sendiri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X