Kompas.com - 18/08/2020, 17:50 WIB
Suasana GIIAS 2019 KOMPAS.com/RulySuasana GIIAS 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang otomotif berskala nasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 terpaksa harus dibatalkan. Pameran yang seharusnya berlangsung pada 22 Oktober sampai 1 November 2020 rencananya diganti sebuah pameran lebih kecil di Jakarta.

Pameran tersebut adalah Jakarta Auto Week yang rencananya diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21 sampai 29 November 2020.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, penyelenggaraan GIIAS adalah pameran otomotif berskala internasional dengan endorsement dari OICA, sebuah organisasi internasional pembuat kendaraan bermotor.

Baca juga: Toyota Luncurkan Innova TRD Sportivo, Simak Daftar Harganya

Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Suasana pameran otomotif di BCA Expoversary 2020 dio ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/2/2020). Pameran dalam rangka memperingati HUT ke-63 BCA digelar serentak di tiga kota Jakarta, Surabaya, Makassar.

Pameran ini membutuhkan waktu persiapan yang panjang, karena selain acara pameran intinya, GIIAS juga mencakup penyelenggaraan konferensi internasional.

Tak ketinggalan juga kehadiran kendaraan konsep, serta peluncuran berbagai produk terbaru dari para peserta, yang membutuhkan persiapan detil dan waktu yang cukup panjang.

“Pada setiap penyelenggaraan GIIAS, membutuhkan persiapan yang kompleks, detail dengan waktu yang cukup panjang,” ujar Nangoi, dalam keterangan tertulis (18/8/2020).

Baca juga: Biaya Kepemilikan Eclipse Cross Selama 5 Tahun, Sebulan Rp 1,3 Jutaan

Mobil Balap yang Melantai di GIIAS 2019Kompas.com/Donny Mobil Balap yang Melantai di GIIAS 2019

“Oleh karena itu, melihat waktu yang semakin pendek, Gaikindo mengambil keputusan untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS 2020 – BSD City,” katanya.

Meski begitu, Nangoi menyatakan bahwa GAIKINDO akan kembali merencanakan penyelenggaraan GIIAS The Series pada 2021.

Sebagai pengganti GIIAS tahun ini, pihaknya berencana mengadakan pameran dengan konsep baru yang berbeda dan dapat menjadi solusi untuk mendorong pencapaian industri otomotif tahun ini.

Baca juga: KTM Gagal Menang Ternyata karena Insiden Morbidelli-Zarco

Suasana pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (25/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Suasana pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exebition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (25/7/2019). GIIAS 2019 yang akan berlangsung 18 - 28 juli 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersil dan koroseri dan 12 merek sepeda motor.

“Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memulihkan ekonomi negara, serta dengan arahan dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, maka diputuskan tahun ini Gaikindo akan menyelenggarakan sebuah pameran otomotif dengan konsep berbeda dari GIIAS,” ucap Nangoi.

Gaikindo Jakarta Auto Week akan menggunakan keseluruhan area JCC, sebesar lebih kurang 30 ribu meter persegi. Besaran pameran ini dinilai lebih proporsional untuk dilaksanakan pada masa ini.

Gaikindo berharap bahwa dengan pemilihan waktu di akhir tahun, area dan lokasi pameran yang berada ditengah kota akan menjadi dorongan positif bagi industri otomotif untuk tampil maksimal.

“Diharapkan dalam waktu dekat ini situasi pandemi Covid-19 sudah dapat diatasi dengan baik, sehingga tidak ada aral yang menghambat pelaksanaan Gaikindo Jakarta Auto Week nanti,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X