Begini Cara Konvoi Mobil Tanpa Ganggu Lalu Lintas

Kompas.com - 18/08/2020, 19:31 WIB
ilustrasi supercar konvoi https://www.autoevolution.com/ilustrasi supercar konvoi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa pandemi seperti sekarang tidak membuat beberapa komunitas kendaraan untuk melakukan konvoi dan bepergian ke suatu tempat. Namun, bila jumlah anggota yang terlalu banyak, malah bisa sebabkan kemacetan di jalan.

Selain membuat kemacetan, ada juga beberapa konvoi mobil yang melanggar aturan seperti menerobos lampu merah karena tidak ingin terputus rombongannya. Tentunya hal ini bukanlah contoh yang baik.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada berbagai cara agar konvoi mobil tidak melanggar aturan dan tidak mengganggu lalu lintas.

Baca juga: Innova Terbaru Meluncur, Model Lama Diskon Rp 25 Juta

Konvoi Mobil stanly Konvoi Mobil

“Tipe konvoi yang paling baik untuk digunakan adalah tipe cluster, dalam satu rangkaian berisi 5-7 mobil,” kata Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dibuat dalam beberapa rombongan, tentunya konvoi tidak akan mengular yang bisa mengganggu lalu lintas. Cara selanjutnya yaitu tidak menggunakan lampu hazard sebagai penanda rombongan konvoi.

“Sistem komunikasi antar rangkaian harus jelas aturannya, tidak boleh melanggar. Tidak boleh nyalakan lampu hazard, bisa diganti dengan stiker penanda rombongan konvoi,” ucap Sony.

Baca juga: Rayakan HUT ke-75 RI, BMW Rilis 520i Edisi Indonesia Maju

Kemudian, kecepatan kendaraan saat konvoi juga ada batasnya, jangan melebihi 60 kpj. Kemudian terapkan jaga jarak aman dengan kendaraan di depannya dan antrean mobil dalam pola zig-zag yang lebih aman.

“Berlakukan jarak aman dan pola zigzagnya diatur agar unsur keselamatannya terpenuhi. Pola zigzag yaitu dalam satu rangkaian, masing-masing kendaraan tidak segaris,” ujar Sony.

Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota-Astra Motors, Andri Widianto mengangkat bendera saat melepas konvoi Sebangsa Fun Trip menuju situs-situs wisata di Kota Medan. Kota ini menjadi pembuka festival yang digelar sebagai bentuk komitmen dan apresiasi kepada pengguna Avanza Veloz.Dewantoro Deputy of Division Head Marketing Planning Division Toyota-Astra Motors, Andri Widianto mengangkat bendera saat melepas konvoi Sebangsa Fun Trip menuju situs-situs wisata di Kota Medan. Kota ini menjadi pembuka festival yang digelar sebagai bentuk komitmen dan apresiasi kepada pengguna Avanza Veloz.

Selanjutnya, usahakan agar konvoi selalu berada di lajur kiri dan pakai pola zig-zag yang tidak membahayakan. Paling penting, tetap ikuti aturan lalu lintas agar tetap menjaga keselamatan saat konvoi.

“Terakhir, atur jadwal dan arah konvoi yang enggak macet agar tidak menyusahkan yang lain. Jika ada mobil di luar rombongan yang masuk konvoi, tidak perlu dijadikan masalah. Paling penting hindari mengemudi agresif,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.